Don't miss

Sutradara Muda Iqbal Rais Tutup Usia

By on September 24, 2013

Iqbal Rais dimakamkan Senin, 23 September 2013 setelah salat zuhur di TPU Kebraon Gang 2, Surabaya, Jawa Timur. Sutradara muda Indonesia ini meninggal di RSUD dr. Soetomo Surabaya setelah penyakit kanker darah yang diidapnya sejak 2011 semakin parah.

Selama dua tahun menderita leukemia dan telah mengikuti berbagai prosedur untuk mengobati penyakitnya dari medis hingga alternatif, Iqbal menjajal terapi baru. Iqbal dikabarkan menjalani terapi stem cell (sel punca) untuk leukemia dan menjadi pasien leukemia pertama di Indonesia yang mendapatkan terapi tersebut. Iqbal menjalani satu kali terapi dan hendak ke tahap kedua, tapi takdir berkata lain. Iqbal harus takluk pada kanker darah jenis acute myeloid leukemia M2 atau disingkat dengan AML M2.

Sebagai sutradara yang produktif sejak kurun waktu 2008 hingga 2013, Iqbal telah ‘menelurkan’ sepuluh film. Sepuluh buah film Indonesia besutan sutradara yang menutup usia pada hari Minggu malam, 22 September 2013 tersebut seluruhnya bergenre komedi kecuali Kata Hatiyang bergenre drama.

Film debutnya adalah The Tarix Jabrix (2008). Ia juga mengarahkan sekuelnya, The Tarix Jabrix 2 (2009) dan The Tarix Jabrix 3 (2011) yang dibintangi oleh personel band The Changcuters, Si Jago Merah yang menempatkan Desta (personel band Club 80’s) dan kawan-kawan sebagai tokoh sentral, Bukan Malin Kundang (2009), Sehidup (Tak) Semati (2010), Senggol Bacok (2010), 3 Pejantan Tanggung (2010), dan Radio Galau FM (2012). Film terbaru yang distrudarai olehnya adalah Kata Hati yang dipublikasikan dan diedarkan pada 2013 ini.

Menyusul berita duka tersebut, para insan perfilman menyampaikan bela sungkawa melalui kicauan di Twitter dari aktor seperti Fedi Nuril dan Vino G. Bastian, sutradara Hanung Bramantyo, hingga Ernest yang seorang personel band Cokelat sekaligus suami Nirina Zubir.  Sebelum dimakamkan, sang sutradara disemayamkan di rumah duka yang berlokasi di Jalan Griya Kebraon Barat Blok CL No. 2 RT 1 RW IX di samping Masjid Luhur, Kelurahan Kebraon, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>