Don't miss

Sejarah Singkat Chino Pants

By on September 23, 2013

Chino pants adalah satu jenis celana yang saat ini semakin sering digunakan terutama oleh anak-anak gaul atau yang sering dikenal dengan sebutan hipster. Tapi kebanyakan dari kita tentu belum tahu asal mula celana ini. Jadi yuk kita cari tahu sama-sama?

Kata chino berasal dari bahasa Spanyol, artinya “Orang Cina” atau “Cina”. Banyak yang menyamakan celana jenis ini dengan “khakis” jika mereka ingin mendeskripsikan celana. Nah, istilah chino sendiri sebenarnya muncul karena bahan dasarnya adalah katun yang saat itu harus diimpor dari Cina. Dan jika ditelusuri, istilah khakis sebenarnya lebih dulu dikenal dibanding chino.

Celana ini dulunya adalah seragam militer Inggris dan kemudian juga digunakan oleh militer di Amerika Serikat. Desainnya sederhana dan terbuat dari bahan yang nyaman dipakai.

Baru belakangan ini istilah chino semakin populer terutama setelah Amerika berhasil menduduki Filipina yang notabene kebanyakan penduduknya menggunakan Bahasa Spanyol. Dengan demikian banyak istilah-istilah Bahasa Spanyol yang kemudian diserap ke dalam Bahasa Inggris.

Namun baru pada abad ke-20 orang Amerika khususnya kaum muda mulai menggunakan chino pants untuk keperluan semi-formal. Dan pada tahun 50-an, chino mencapai puncak popularitasnya setelah jeans dirasa tidak cukup pas digunakan untuk sekolah atau kuliah.

Desain dan model celana ini tentu saja juga berubah. Sekarang semakin bervariasi. Ukuran saku menjadi lebih besar. Mulai diberi lipatan di bagian depan. Warna-warna yang tersedia pun juga semakin beragam. Malah sekarang banyak produsen yang mulai menyediakan celana chino untuk wanita.

Saat ini chino pants juga tidak harus terbuat dari katun murni Cina. Bahan lain juga mulai digunakan, seperti polyester yang kemudian digabungkan dengan katun.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>