Don't miss

Sule dan Perjuangannya Melawan Typus

By on September 20, 2013

Saya yakin kamu pasti semua sudah mengenal siapa itu Sule yang mana telah memberikan kontribusi besar pada bidang hiburan dan telah menghibur banyak kalangan luas. Akan tetapi akhir-akhir ini Sule telah lama berjuang dalam menghadapi sakit yang dideritanya yaitu tifus. Berita terakhir menyebutkan bahwa Sule telah mengalami dua minggu perjuangan menghadapi penyakit tersebut. Namun setelah dua minggu masa terkapar tersebut, Sule sekarang sudah dilepas infusnya. Tentu saja penyakit tifus merupakan penyakit yang mana sudah menjadi banyak masalah bagi semua orang. Namun masih banyak orang yang belum paham tentang apa sebenarnya penyakit tifus itu. Dalam memahami masalah tifus, tentu saja yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana penyakit tersebut dapat muncul.

Penyakit tifus disebabkan oleh salah satu dari dua jenis bakteri yaitu Rickettsia prowazekii. Bentuk tifus tergantung pada jenis penyebab infeksi bakteri. Dapat dikatakan bahwa bakteri tersebut akan menyebabkan murine atau endemik tifus. Tifus endemik jarang terjadi di Amerika Serikat. Bakteri tersebut biasanya muncul di daerah di mana terdapat kebersihan yang buruk dan suhu yang dingin. Tifus endemik kadang-kadang disebut demam penjara. Kamu kemudian perlu juga paham mengenai bagaimana bakteri tersebut dapat menyebar diluar sana. Yang paling umum adalah karena paparan kutu tikus atau kotoran tikus. Perlu kamu pahami pula kalau tifus dapat terjadi karena paparan kotoran hewan lain seperti kucing, tupai, rakun, sigung, dan tikus.

Dalam dunia medis, Rickettsia prowazekii menyebabkan epidemi tifus dan penyakit Brill-Zinsser. Penyakit Brill-Zinsser adalah bentuk ringan dari epidemi tifus. Ini terjadi ketika penyakit tersebut aktif kembali yang berada dalam diri seseorang yang terinfeksi sebelumnya. Hal ini lebih umum terjadi pada diri orang tua. Kutu dan kutu tupai terbang menyebarkan bakteri. Tifus adalah salah satu dari beberapa penyakit serupa yang disebabkan oleh bakteri rickettsia. Pada umumnya orang yang terkena tifus seperti Sule akan menderita demam yang dapat mencapai hingga 39° C dan sakit kepala. Ini adalah gejala yang umum untuk semua jenis penyakit tifus. Di beberapa negara tropis, tifus yang paling sering salah didiagnosa sebagai penyakit lain yang dikenal sebagai demam berdarah.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>