Don't miss

Pengaruh Musik terhadap Penikmatnya

By on September 30, 2013

Semua orang di dunia pasti sudah sangat akrab dengan musik karena mereka tidak akan melewatkan hari tanpa mendengarkan musik. Musik merupakan elemen kehidupan yang sangat penting tidak hanya sebagai latar belakang dalam suatu kegiatan melainkan juga sebagai bagian dari ritual.

Anda pasti mempunyai jenis musik favorit yang sering Anda dengarkan. Mungkin Anda juga akan mengalami sensasi penyegaran setelah Anda mendengarkan jenis musik atau lagu dari penyanyi yang Anda favoritkan. Ternyata para penikmat musik juga akan merasakan pengaruh musik yang cukup signifikan tergantung jenis musik yang mereka dengarkan.

Salah satu pengaruh musik yang bisa dirasakan oleh para penikmat musik adalah perubahan suasana hati setelah mendengar musik tersebut. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik akan membantu tubuh Anda untuk melepaskan hormon doamin yang mempunyai kaitan dengan perasaan bahagia.

Banyak ibu yang percaya bahwa memperdengarkan musik klasik pada janin yang masih dalam kandungan bisa meningkatkan kecerdasan anak. Berbagai penelitian memang telah membuktikan bahwa musik mampu merangsang perkembangan motorik dan otak janin dalam kandungan sehingga ibu hamil disarankan untuk merangsang perkembangan otak janin dengan memperdengarkan musik.

Selain itu, mendengarkan musik klasik akan membantu Anda untuk lebih fokus sehingga konsentrasi Anda tidak mudah buyar. Banyak orang yang mengganggap musik rap bukan musik, tetapi pengaruh musik rap sendiri ternyata cukup signifikan terhadap kreativitas karena biasanya musik rap diciptakan secara spontan.

Jika Anda merasa kurang bersemangat dalam menjalani hari, Anda bisa mencoba mendengarkan jenis musik yang energik karena jenis musik ini akan sangat berguna untuk meningkatkan semangat hidup Anda serta membuat Anda terinspirasi untuk lebih aktif dalam melakukan berbagai hal.

Sudah pernah dengar musik untuk penyembuhan? Hal ini memang nyata adanya karena pasien sebelum, saat, dan sesuai operasi menunjukkan penurunan tingkat stress dan sakit dengan mendengarkan musik.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>