Don't miss

Setiap 10 April Akan Diperingati Sebagai Nirvana Day

By on December 28, 2013

Nirvana

Untuk anda yang menikmati masa muda ditahun 90an, pasti tidak akan asing lagi mendengar nama Nirvana. Sebuah band Grunge legendaris dari era 90-an yang sampai sekarang tetap berada dihati penggemar setianya dan tetap disanjung. Band yang seakan tidak ada matinya ini dikabarkan akan menerima sebuah penghormatan, meskipun sang pentolan sekaligus pendidi band ini sudah tidak ada.

Seperti yang dilansir dari News, Nirvana akan menerima penghargaan istimewa dari warga Huqoiam, Washington, AS. Penghargaan tersebut yaitu setiap tanggal 10 April mereka akan merayakan Nirvana Day dan akan dianugerahi Rock and Roll Hall of Fame pada tanggal tersebut.

Walikota Huqoiam, Jack Durney mengatakan bahwa Nirvana Day merupakan sebuah bukti nyata kebanggaan masyarakat Huqoiam atas kesuksesan yang telah diraih oleh Kurt Cobain yang pernah menjadi bagian komunitas kota Huqoiam ini.

Menurut Jack Durney, Nirvana telah memberikan kehormatan besar bagi kota Huqoiam. Kurt Cobain dan Krist Novoselic merupakan bagian dari kota ini dan mereka merasa sangat tepat untuk memberikan sebuah penghormatan kepada mereka atas semua prestasi yang telah mereka dapatkan.

Dari pihak Nirvana sendiri yang diwakili oleh Grohl mengatakan, bahwa mereka sangat berterima kasih kepada komite bukan hanya karena penghargaan tersebut, tetapi juga telah menghargai Nirvana.

Selain itu, Novoselic juga menambahkan, bahwa ini merupakan penghormatan yang luar biasa bagi dirinya. Dalam kesempatan ini juga dia mengatakan terimakasihnya kepada mendiang Kurt Cobain yang telah membuat musik rock menjadi lebih kuat selama 60 tahun ini dan masih akan terus berjalan.

Kurt Cobain, Nirvana, dan Pistol di Kepala

Mengenang kiprah Kurt Cobain sebagai icon Nirvana, karirnya dimulai saat dirinya bersama Nirvana merilis album pertama yang berjudul ‘Bleach’ di tahun 1985. Walaupun belum bisa dikatakan sukses, tetapi singlenya yang bertajuk ‘Love Buzz’ berhasil meraih banyak perhatian penikmat musik.

Setelah lama menanti, akhirnya kejayaan benar-benar menghampiri mereka saat album kedua yang bertajuk ‘Nevermind’ diluncurkan di tahun 1991 dan sejak saat itu semua lagu seperti Smells Like Teen Spirits, Come As You Are, In Bloom, Drain You, Polly, Lithium,  hingga lagu Something In the Way menjadi lagu yang paling banyak dinyanyikan dan didengarkan diseluruh dunia.

Di luar karirnya yang terus menanjak, ternyata kesuksesan Nirvana perlahan-lahan harus dibayar mahal setelah Kurt mulai kecanduan narkoba. Selain itu juga, gara-gara sakit yang sering dialami Kurt Cobain, Nirvana harus bolak-balik membatalkan banyak konser yang telah terjadwalkan sebelumnya.

Walaupun kondisinya sangat kacau, hal tersebut sama sekali tidak sanggup untuk memadamkan kepopuleran yang dimiliki oleh band yang juga digawangi oleh Krist Novoselic, Dave Grohl dan Kurt Cobain  tersebut.

Sampai akhirnya pada tahun 1993 Nirvana kembali mengeluarkan album berjudul ‘In Utero’ yang mengangkat lagu Heart-Shaped Box sebagai single pertamanya. Seolah tidak ingin ketinggalan momen penting, akhirnya mereka juga ikut menyempatkan diri untuk membuat album ‘Unplugged’ bersama MTV.

Sayang sekali, bukannya hidup bahagia dengan semua kekayaan yang dimilikinya saat itu, Kurt lagi-lagi harus semakin terpuruk dengan isu obat-obatan serta depresi berat yang terus mengganggunya. Alhasil, pada tangga 5 April 1994, Kurt Cobain tewas bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri.

Nirvana-5

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>