Don't miss

Wujud Protes dari SID untuk Para Penguasa

By on October 24, 2013

Superman Is Dead (SID) akhirnya resmi meluncurkan album kelimanya di di kantor Sony Music Indonesia, Jalan Johar, Jakarta Pusat pada hari Senin tanggal 21 Oktober 2013 kemarin. Album kelima yang diberi judul “Sunset di Tanah Anarki” ini, menurut SID, merupakan hadiah bagi para penguasa.Mengapa disebut hadiah bagi penguasa?

Seperti yang kita ketahui, berbagai permasalahan yang dialami negeri ini semakin menunjukkan kemirisan negara Indonesia.Oleh karena itu dipilihlah judul album “Sunset di Tanah Anarki” sebagai hadiah untuk para penguasa agar mereka bisa lebih bijak dalam mengatasi permasalahan di negara ini.Pemilihan judul itu sendiri pun bukan tanpa makna.

Bank punk rock yang digawangi oleh Jerinx, Eka Rock, dan Bobby Kool ini mengemukakan bahwa Indonesia merupakan tanah yang indah dan kaya akan pemandangan alamnya, sehingga kata ‘Sunset’ kemudian dipilih. Meskipun demikian, dibalik keindahan alam di Indonesia, penindasan masih banyak terjadi di Indonesia.Ironi inilah yang diangkat oleh SID menjadi judul album yang mayoritas lagunya sarat dengan nasionalisme.

Tidak seperti lagu-lagu SID sebelumnya yang musiknya bisa dibilang keras dan bertempo cepat, album “Sunset di Tanah Anarkis” ini lebih mengedepankan musik pelan di luar pakem SID yang biasanya nge-punk namun tetap berkualitas. Menurut Jerinx, di tahun ke delapan belasnya, SID yang pada dasarnya beraliran punk rock ini tidak perlu lagi mengejar genre karena pada album-album sebelumnya pun lagu-lagu SID sudah membuktikan totalitas band ini. Oleh karena itu, SID ingin menekankan meskipun di album kelima ini music mereka lebih pelan, mereka tetaplah band punk rock yang melakukan apapun tanpa dijajah.

Di album “Sunset di Tanah Anarki” ini, SID memilih lagu ‘Jadilah Legenda’ sebagai single unggulan. Di lagu ini, banyak terdapat makna tersembunyi yang sarat akan napas perjuangan dan nasionalisme. Kamu akan menemukan berbagai metafora yang menggambarkan protes dari rakyat terhadap negara Indonesia.

Di lagu ini, Jerinx juga mengatakan bahwa orang yang pertama kali mendengarnya pasti akan langsung tahu kalau lagu ini lagu yang nasionalistis. Pada liriknya terdapat pengulangan kata Indonesia. Selain itu, tampak Jerinx mengibarkan sang merah putih sehingga makin memperkuat kesan nasionalisme di lagu ini. Meskipun begitu, sebenarnya lagu ini adalah lagu perlawanan yang menggambarkan bahwa mereka masih belum puas dengan Indonesia dan menginginkan perubahan.

Meskipun intinya menunjukkan kemarahan, lirik lagu ‘Jadilah Legenda’ sarat dengan keindahan dan kata-kata puitis. Jerinx mengungkapkan bahwa ketika kamu memaki, orang akan menanggapinya dengan malas. Namun, jika dibalut dengan keindahan puisi, orang akan mendengar dan mengapresiasinya. Oleh karena itu, ‘Jadilah Legenda’ layak didengar bagi siapapun yang masih peduli dengan nasib bangsa ini.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>