Don't miss

Happy Salma Hidupkan Wanita Terlupakan, Inggit Ganarsih

By on November 6, 2013

Kamu pasti sudah tahu bahwa sejarah Indonesia banyak mengabaikan wanita dalam perjalanannya. Hanya sedikit perempuan yang namanya dicatut dalam sejarah. Padahal jika ditilik lagi, sejarah bangsa ini pasti melibatkan para wanita. Salah satunya adalah Inggit Ganarsih.

Siapa sebenarnya Inggit Ganarsih? Memang banyak orang tak mengenali nama ini, bahkan mungkin sama sekali asing. Jika kamu tidak tahu, seperti banyak orang Indonesia, sekarang kamu tahu bahwa Inggit Ganarsih merupakan istri kedua Soekarno, proklamator kemerdekaan sekaligus presiden pertama Republik Indonesia.

Tak banyak yang tahu bagaimana kisah perempuan ini. kisahnya seperti terlupakan begitu saja, terkubur dalam tumpukan sejarah perjalanan bangsa. Tapi, “Monolog Inggit” hadir sebagai pementasan yang mengingatkan masyarakat Indonesia pada sosok perempuan ini.

Inggit meninggal pada usia 96 tahun tetapi sosoknya dikenang kembali melalui pementasan monolog yang diperankan oleh Happy Salma. Artis yang telah lama berkecimpung di dunia teater dan kepenulisan ini menampilkan pementasan tersebut di atas panggung Galeri Indonesia Raya, Grand Indonesia, MH Thamrin. Waktu pementasan berlangsung pada 2 dan 3 November 2013.

Sejarah Indonesia memang tak memperhatikan peran perempuan dan monolog ini hadir untuk mengingatkan kembali. Ada peran perempuan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Monolog ini menampilkan peranan Inggit selama 20 tahun menjalankan perannya sebagai istri Soekarno sampai menjelang kemerdekaan.

Inggit Ganarsih bukan wanita bodoh yang tak tahu apa-apa. Selama menjadi istri Soekarno, dia memiliki peran dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Lalu kenapa Happy Salma tertarik? Ketika ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Minggu malam, Happy Salma menyampaikan alasannya.

Artis cantik ini ternyata memang sangat peduli pada tokoh-tokoh pahlawan yang sering terlupakan. Mereka yang namanya tak tersebut dalam buku sejarah yang dipelajari generasi muda Indonesia. Wanita sunda ini, menurut Happy Salma, termasuk tokoh yang terlupakan itu.

Happy Salma bermonolog di atas panggung, membuka rahasia perpisahan Inggit dengan presiden pertama Indonesia. Lewat mulut Happy, Inggit bicara “tidak” secara tegas untuk dimadu. Inggit menolak ada istri lain bagi suaminya dan memilih untuk diceraikan. Dia kemudian dipulangkan ke rumah orang tuanya di Bandung.

Perpisahan dengan Soekarno menandai akhir tugas Inggit sebagai istri orang nomor satu di Indonesia saat itu. Dia tidak mengalami menjadi ibu negara seusai masa kemerdekaan.

Happy Salma sendiri telah beberapa kali memerankan “Monolog Inggit”. Sekarang ini dia mengaku lebih menjiwai dan mendalami karakter Inggit. Apa sebabnya artis di film Gie ini bicara demikian? ternyata ini soal tata lampu dan tata panggung yang berbeda dari biasanya, membuatnya lebih mendukung untuk penjiwaan tokoh Inggit.

Menjadi Inggit Ganarsih di atas panggung Galeri Indonesia Raya merupakan surga bagi Happy Salma. Ruangan besar dengan suara jelas dengan tata lampunya membuat Happy bisa fokus pada lakon yang diperankannya. Dia senang jarak penonton ke panggung tak terlalu jauh jadi mereka bisa melihat Inggit di atas panggung sana dengan sangat jelas.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>