Don't miss

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Sebuah Film Tentang Nusantara 1930

By on December 24, 2013

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Sebuah film Tentang Nusantara 1930

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck merupakan sebuah film yang diangkat berdasarkan buku karya Buya Hamka. Seprti dalam bukunya, film ini berlatar belakang Nusantara 1930 dari tanah kelahiran sang penulis, Makasar, seorang tokoh yang yang bernama Zainuddin berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Ketika itu, dia melihat diantara keindahan ranah negeri Minangkabau dia bertemu seorang gadis cantik jelita yang bernama Hayati, bunga di persukuannya.

Sampai beberapa waktu berlalu, akhirnya kedua muda mudi tersebut saling jatuh cinta. Tapi seperti kisah lainnya, adat dan istiadat minang yang sangat kuat berhasil meruntuhkan cinta suci mereka berdua. Seorang pemuda yang bernama Zainuddin hanya seorang pemuda melarat yang tidak mempunyai gelar kebangsawanan, sementara Hayati merupakan seorang perempuan Minang yang berasalh dari keturunan bangsawan ternama.

Lamaran Zainuddin untuk mempersunting Hayati ditolak mentah mentah oleh pihak keluarga Hayati. Sementara itu, Hayati dipaksa untuk menikah dengan Aziz, seorang laki-laki yang kaya raya dan dan mempunyai latar kebangsawanan, sekaligus seorang pria yang ingin sekali mempersunting Hayati sejak lamaa. Zainuddin pun akhirnya memutuskan untuk berjuang, dia akhirnya pergi dari ranah minang dan merantau ke tanah Jawa demi bangkit melawan keterpurukan cintanya tersebut.

Dikisahkan, dalam film tersebut Zainudin bekerja keras untuk membuka lembaran baru kehidupnya agar menjadi seorang yang sukses. Waktu telah banyak menempa tekad dan perjuangannya, sampai akhirnya ia menjadi penulis terkenal dengan karya-karya mashyur dan diterima masyarakat diseluruh Nusantara.

Tapi apa dikata, Zainudin akhirnya kembali harus menerima sebuah kenyataan yang kembali datang kepada dirinya, di tengah gelimang harta, kesuksesan yang dia impikan dan kemashyuran karena karya-karyanya, dia kembali bertemu dengan cinta lamanya, Hayati.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Sebuah film Tentang Nusantara 1930

Dalam sebuah pertunjukan opera, akhirnya Zainuddin kembali dipertemukan dengan Hayati, seorang wanita yang pernah dia cintai dimasa lalunya, namun sayang, kali Hayati bersama Aziz yang telah berhasil mempersuntingnya.

Sebuah kisah tentang perkawinan, harta dan kecantikan sejati yang bertemu dengan cinta suci yang takpernah lekang oleh waktu. Sampai pada akhirnya kisah cinta Zainuddin dan Hayati tersebu menemui ujian terberatnya, yakni dalam sebuah tragedi pelayaran kapal Van Der Wijck.

  • Genre film       : Drama
  • Produksi          : PT Soraya Intercine Films
  • Sutradara         : Sunil Soraya
  • Pemain utama  : Pevita Pearce, Herjunot Ali, Reza Rahadian
  • Rilis pada 19 Desember 2013
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>