Don't miss

Ketika Captain Phillips Ditandangi Perompak Somalia

By on October 20, 2013

Sebuah film mengenai bajak laut alias perompak, tentunya sangat menarik untuk ditonton. Hal ini terbukti dari banyaknya film-film bertemakan perompak di box office. Film-film ini pasti dipenuhi penonton dan para aktornya pasti dinominasikan di penghargaan Oscar. Aksi di atas laut memang sungguh atraktif.

Salah satu film bertemakan perompak adalah Captain Phillips. Ceritanya sebenarnya cukup klasik, yakni pembajakan di tengah laut, tepatnya di pesisir timur Afrika. Akan tetapi sang sutradara berhasil menceritakannya dengan cara yang apik sehingga membuat penonton enggan beranjak dari tempat duduk.

Diceritakan, Richard Phillips (Tom Hanks) adalah Kapten kapal kargo bernama MV Maersk Alabama yang membawa muatan sebanyak 17.000 ton container. Kapal iniberisi 20 awak dengan jalur melewati pesisir timur Afrika. Saat melintasi perairan ini, kapalnya ditandangi oleh 4 perompak.

Kepala perompaknya, Muse (Barkhad Abdi), tergolong sebagai kepala perompak yang masih biru. Muse kebingungan, tidak tahu harus mengambil langkah apa dalam aksinya ini. Kemudian dia memutuskan untuk menyandera sang Kapten Phillips. Ternyata aksi ini berbahaya dan mengancam nyawa kedua belah pihak.

Pemerintah Amerika pun kemudian turun tangan dalam menyelesaikan masalah ini. Peristiwa tak terlupakan dalam kehidupan Kapten Phillips ini pun digoreskan melalui lembaran-lembaran bertinta. Paul Greengras, sang sutradara, berhasil menyelesaikan cerita dengan plot yang cukup unik.

Sebenarnya Captain Phillips ini merupakan film yang diangkat dari memoar berjudul A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALS, and Dangerous Days at Sea karyaRichard Phillips. Naskahnya ditulis oleh Billy Ray. Durasi filmnya cukup lama, sekitar dua jam lebih.

Sutradara yang pernah mendalangi seri Jason Bourne ini menggunakan teknik shaky camera dalam pengambilan gambarnya. Setting yang diambil memang berada ditengah-tengah lautan, jadi cukuo menegangkan untuk ditonton. Film bergenre drama thriller ini berhasil membuat penonton menahan napas karena menyuguhkan adegan aksi di atas air dan gambar kapal kargo nyata yang sungguh menakjubkan.

Sederet aktor ternama juga turut mendukung film ini, di antaranya adalah Tom Hanks. Tak diragukan lagi, aktingnya memang patut diacungi jempol. Dia mampu membawakan tokoh Kapten Phillips dengan memikat. Sepertinya aktingnya yang sempurna ini bakalan membuatnya dinominasikan lagi pada Oscar tahun depan.

Selain itu, sang kepala perompak, Muse juga sukses diperankan oleh Barkhad Abdi. Memang dia tampak menyebalkan dan kejam, tetapi dia mempunyai alasan kenapa dia berbuat seperti itu. Motivasinya ini sukses mengundang simpati penonton.

Tetapi di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Ada beberapa bagian dari film yang terlihat lemah. Tetapi sang sutradara mampu mengolahnya dengan apik sehingga penonton tidak bosan. Film Captain Phillips ini setidaknya mempunyai cara sendiri dalam merebut perhatian penonton.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>