Don't miss

Film Soekarno Tayang Di Bioskop

By on November 10, 2013

Di akhir tahun 2013 ini, Indonesia bisa menyaksikan Film Soekarno di Bioskop. Film yang dibuat oleh Yayasan Pendidikan Soekarno, Dapur Film, Mahaka Pictures,dan MVP Pictures ini adalah karya bigrafi sejarah bangsa Indonesia. Cerita yang diketengahkan adalah kehidupan di Indonesia pada tahun 1920an sampai dengan kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1945. Film ini termasuk film unggulan karena banyak dibintangi oleh pemain film kawakan.

Film yang akan rilis di bulan Desember akan diputar di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia. Hanung Bramantyo menjadi sutradara dalam film bergenre biografi drama sejarah ini. Naskahnya ditulis oleh Ben Sihombing dan filmnya di produseri oleh Raam Punjabi. Pemain yang ikut andil dalam pembuatan film ini adalah Ario Bimo sebagai Soekarno dewasa, Emir Mahira sebagai Soekarno remaja, Lukman Sardi sebagai Hatta, Maudy Kusnaedi sebagai Inggit Garnasih, TIka Bravani sebagai Fatmawati, dan masih banyak pemain-pemain berbakat lainnya.

Film Soekarno dimulai pada tahun 1929 saat ada penyergapan oleh prajurit Hindia Belanda kepada Soekarno. Pada saat itu beliau sudah menikah dengan Inggit. Beliau diasingkan ke Ende karena tulisannya pada buku berjudul ‘Indonesia Menggugat’ yang ditulisnya pada saat beliau di tahan di Jawa Barat, di penjara Banceuy.

Kemudian cerita berlanjut ke tahun 1940. Pada tahun itu beliau dibuang ke daerah Bengkulu. Soekarno bertemu dengan Fatmawati di kota ini. Ada konflik yang terjadi pada saat beliau ingin menyampaikan niatnya untuk menikahi Fatmawati. Konflik ini menyebabkan keretakan rumah tangganya dengan Inggit.

Beliau kemudian singgah ke Padang pada masa pengasingannya itu.

Beliau berada di Padang sampai masa pendudukan Jepang. Pada masa pemerintahan Jepang inilah, Soekarno diperbolehkan kembali ke Jakarta. Di Jakarta, beliau bertemu dengan para tokoh pergerakan kemerdekaan seperti M. Hatta, Syahrir, dan yang lainnya. Disinilah, beliau sering memberikan banyak orasi kepada para romusha.

Lalu, setelah bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika, pemerintahan Jepang di Indonesia mulai bergejolak. Pada saat ini kaum pemuda Indonesia mengambil langkah penting untuk mempercepat kemerdekaan Indonesia.

Dalam Film Soekarno peristiwa lahirnya Indonesia ini menjadi salah satu cuplikan yang tidak boleh dilewatkan. Dalam peristiwa inilah Soekarno dan Hatta membacakan teks Proklamasi yang menandakan kelahiran Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Film ini layak untuk ditonton oleh seluruh anggota keluarga. Selain untuk memperkenalkan tentang sejarah kepada anak-anak, film ini juga bisa mengingatkan semua orang agar mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Film yang memancing banyak kontroversi ini menjadi pengingat tentang persatuan Indonesia.

Jadi, segeralah siapkan waktu kamu untuk mengantri tiket film ini di bioskop pada bulan Desember 2013. Ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut menonton bersama-sama.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>