Don't miss

Mengintip Reboot Film RoboCop

By on February 13, 2014

Mengintip Reboot Film RoboCop

Menurut statistik 8 dari 10 reboot  film berakhir dengan menyedihkan. Tetapi, sepertinya tren reboot Hollywood tidak akan pernah mati. Hollywood selalu punya cara untuk memperbaharui karya emas mereka. Kali ini gilirah RoboCop yang kebagian Reboot.

Versi asli RoboCop dirilis di 1987 merupakan sebuah film sci:fi yang berhasil meraih popularitas dijamannya. Verhoeven berhasil membuat film yang digemari sekaligus merebut hati banyak kritikus Film. Kegelisahan publik atas moral manusia dan kasus kriminal yang terjadi adalah salah satu poin penting yang berhasil ditangkap Robocop.

Film aslinya telah sukses besar dipasaran, tetapi bagaimana dengan film RoboCop versi reboot terbaru ini. Ternyata film remake yang ditulis oleh Joshua Zetumer dan disutradarai oleh Jose Padilha ini merupakan sebuah film yang bagus. Film ini  berhasil memamer visual dan  CGI yang sangat canggih. Adegan-adegan perkelahiannya pun terbilang jauh lebih menegangkan dibanding versi aslinya.

Tetapi sepertinya Jose Padilha menitikberatkan film ini pada sesuatu yang lain jika dibandingkan dengan apa  yang pernah dilakukan oleh Verhoeven di film sebelumnya.

Poin penting yang di kejar dalam RoboCop terbaru ini adalah pertanyaan moral tentang artificial intelegence yang berada disekitar kita. Apakah seorang Murphy yang telah dirubah sehingga mempunyai badan separuh robot tersebut masih dianggap manusia? Memang dirinya masih memiliki otak asli dan mampu berpikir sesuai apa yang dirinya rasakan, persis seperti manusia. Tetapi dengan adanya mesin yang menempel pada badannya, apakah memang dia masih bisa disebut sebagai manusia seutuhnya?

Robocop tidak hanya membahas masalah tentang pertanyaan-pertanyaan seperti itu tetapi film ini menambahkan  sebuah thriller tentang berbagai macam konspirasi kotor yang dilakukan oleh para korporat yang berusaha keras melakukan berbagai cara supaya mendapatkan uang yang banyak.

Disini, Michael Keaton dengan gemilang berhasil memerankan tokoh jahat. Sementara itu Samuel L. Jackson yang berperan sebagai presenter TV berhasil bermain dengan cukup efektif. Di film ini Padilha memang berhasil memilih pemainnya dengan piawai.

Joel Kinnaman tokoh utama di film ini terlihat mirip dengan karakter yang  pernah diperankannya  di serial The Killing. Cenderung untuk menolak aturan dan mempunyai emosi yang meledak-ledak. Tetapi  tunggu sampai dia mengenakan jubah besinya. Aktor asal Swedia ini berhasil memberikan suntikan melankolia pada film action ini.

Sebagai ilmuwan, peran dari Gary Oldman mungkin akan terasa déjà vu di hadapan penonton. Terlihat mirip dengan karakter yang dia perankan dalam trilogi Batman yakni sebagai Komisaris Gordon. Tetapi tetap saja, melihatnya terhimpit dilema moral adalah suatu hal yang cukup mengasyikkan. Memang tidak bisa dibilang bahwa RoboCop versi terbaru ini mampu menggantikan RoboCop yang di buat Verhoeven sebelumnya  yang jelas dicintai hampir semua orang. Tapi reboot kali ini memang cukup berhasil menarik perhatian.
Mengintip Reboot Film RoboCop

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>