Don't miss

Duka Kerajaan Inggris atas Meninggalnya Mandela

By on December 8, 2013

Setiap orang terlahir berbeda-beda, baik penampilan, sifat dan lain sebagainya. Penampilan orang sangat beragam, dengan jenis dan warna rambut yang berbeda, dengan tinggi dan postur yang berbeda dan dengan warna kulit yang berbeda pula. Seharusnya perbedaan ini tidaklah menjadi sumber pertikaian. Sayangnya, tidak semua orang memiliki pikiran yang terbuka dimana mereka mau menerima orang yang terlihat berbeda dengan tangan terbuka.

Salah satu perbedaan penampilan yang menjadi masalah adalah warna kulit. Sejak dulu, orang dengan kulit hitam sering berada pada posisi yang direndahkan hanya karena warna kulit mereka. Hal ini menjalar hingga politik dimana ada politik apartheid, yaitu sebuah sistem yang diciptakan oleh pemerintah orang berkulit putih untuk membedakan ras. Sistem ini diterapkan mulai dari awal abad 20 sampai 1990.

Karena ketidakadilan yang terjadi kemudian banyak tokoh yang muncul untuk menentangnya, salah satunya adalah Nelson Mandela. Nelson Mandela merupakan salah satu tokoh revelusioner anti-apartheid. Beliau adalah politisi Afrika Selatan yang telah menjawab sebagai presiden pada periode 1994 – 1999.

Meninggalnya Nelson Mandela terbukti membuat banyak orang berduka. Tidak hanya warga Afrika Selatan, tetapi selebriti hingga keluarga kerajaan pun masih berduka cita. Saat menghadiri pemutaran film biografi yang bercerita mengenai kisah hidup Nelson Mandela, tidak ada seorang pun yang menduga pemutaran film biografi tersebut akan sangat berdekatan dengan waktu meninggalnya sang pahlawan.

Pangeran William dan Kate Middleton selaku istri menyatakan simpati mereka atas meninggalnya Nelson Mandela dengan memberikan pidato yang menyatakan bagaimana tragisnya berita kematian ini. Pangeran menyatakan bahwa sosok Nelson Mandela merupakan sosok yang luar biasa yang memberikan inspirasi pada banyak orang untuk membuat hidup yang lebih baik, terutama bagi orang berkulit hitam. Pangeran William juga mendoakan almarhum beserta keluarganya.

Diumumkan di Afrika Selatan, waktu meninggalnya Nelson Mandela sangat berdekatan dengan pemutaran film biografinya di Inggris. Film biografi mengenai perjalanan hidup Mandela ini diberi judul Mandela: Long Walk to Freedom yang mengambil lokasi di Odeon Leicester Square, Inggris. Berdasarkan kutipan dari DetikNews, produser acara tersebut sempat meminta untuk membatalkan pemutaran film biografi tersebut setelah mengetahui bahwa Mandela telah wafat, tetapi dia dihentikan oleh Zindzi dan Zenani yang merupakan putri Mandela yang saat itu juga menghadiri acara tersebut.

Selain Pangeran Willian, Idris Elba, aktor yang memainkan peran Mandela dalam film biografi tersebut menyatakan bela sungkawanya atas meninggalnya Mandela. Idris berpendapat bahwa meninggalnya Mandela merupakan kehilangan yang besar.Dia juga menyatakan rasa bangganya untuk dapat memerankan tokoh Mandela dalam film biografi tersebut.Dia merasa Mandela merupakan salah satu orang yang paling bijaksana dan terhormat yang pernah hidup dan meninggalnya merupakan kehilangan besar.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>