Don't miss

Yang Harus Anda Lakukan Ketika Karir Anda Jalan Ditempat

By on December 25, 2013

Yang harus anda lakukan ketika karir anda jalan ditempat

Sebagai sorang wanita karir,  Anda tentu tidak ingin karir Anda dalam keadaan stag atau tidak ada peningkatan. Namun, mendapatkan promosi yang diimpikan, bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus anda perjuangkan, dari mulai menempa kemampuan pribadi, mencari peluang kenaikan jabatan, atau bahkan mempersiapkan strategi khusus.

Tentu saja, jika semua aspek penunjang karir telah anda kuasai, maka anda sudah siap meluncurkan point pokok sebagai penunjang kenaikan jabatan anda. Yaitu strategi. Tapi perlu di ingat, trik ini hanya untuk anda yang ingin jenjag karir dengan cara alami, yaitu mengejar karir sesuai dengan kemampuan, bukan mengejar karir dengan cara-cara curang, dari mulai menjilat, sampai menjadi karyawan plus.

Berikut ini merupakan strategi yang harus anda siapkan untuk menunjang karir dan memperoleh promosi jabatan.

Kenali diri sendiri

Sangat penting bagi Anda untuk mengenal diri sendiri, dari mulai kelemahan  diri sampai  kelebihan yang anda punyai. Baik kelebihan dalam bersikap sebagai profesional, keahlian sebagai profesional, maupun pendapat orang lain tentang diri Anda.

Kenali kompetitor

Mengenali kompetitor sangat diperlukan dalam memasarkan diri anda dan ini dimulai dengan mengidentifikasi siapa saja mereka-mereka yang berpotensi untuk jadi kompetitor. Bukan untuk menjatuhkannya atau menganggapnya sebagai batu sandungan, tetapi anda harus menciptakan kompetisi dan persaingan yang sehat. Ini diperlukan untuk memacu anda agar menjadi lebih baik lagi.

Tentukan atribut diri kita

Pada tahap ini Anda telah mengenal diri sendiri, competitor dan juga perbedaan yang Anda miliki. Karakter dan keahlian yang Anda miliki serta perbedaan dari yang lain merupakan atribut positif yang menempel pada nama Anda.

Tentukan target komunikasi

Secara sederhana, yang disebut target komunikasi merupakan mereka yang memiliki peran dalam kelangsungan karier Anda, baik dalam keampuan atau dalam promosi jabatan. Selain itu, utamakan mereka yang dapat membuat penilaian tentang diri Anda. Misalnya atasan anda, rekan sekantor, mentor dan klien. Ingat, komunikasi disini sebagai sarana untuk anda memperbaiki diri dan mendapatkan input dari yang lainnya. Baik itu input yang positif atau negative (kritik).

Artikulasikan atribut Anda

Setelah menentukan atribut dan target komunikasi Anda, maka saatnya sekarang anda  mengartikulasikannya? Sampaikan atribut Anda secara konsisten kepada target komunikasi’ tersebut melalui media komunikasi seperti chatting, email, perlakuan terhadap rekan kantor dan staf, atau bisa juga presentasi.

Mengembangkan diri

women-career-progression

Setelah menentukan atribut diri dan mengkomunikasikannya, Anda harus terus mengembangkan diri agar penilaian orang terhadap diri Anda semakin baik. Dalam hal ini anda sudah mendapatkan beberapa input, terutama yang bersifat kritikan.

Evaluasi

Setelah menjalankan semua langkah di atas, tahap akhir adalah evaluasi. Pada intinya, evaluasi bertujuan untuk mengetahui pendapat orang lain tentang diri Anda setelah program komunikasi diri dijalankan.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>