Don't miss

Waspadai Rekan Kerja Yang Berpotensi Menjadi Musuh

By on February 17, 2014

Waspadai Rekan Kerja Yang Berpotensi Menjadi Musuh

Di depan manis di belakang pahit. Meskipun kamu terbukti sebagai karyawan yang baik tetapi bukan berarti tidak mungkin kamu bertemu dengan rekan kerja yang seperti ini. Agar kamu bisa terhindari dari rekan kerja yang seperti ini mari kita kenali ciri-cirinya dan cara menghadapi mereka.

Dalam buku berjudul The Essentials of Being Fabulous disebutkan bahwa ada  9 tanda kalau rekan kerjamu memiliki sifat tersebut.

Good news is a bad news.

 Saat sesuatu hal yang baik terjadi maka teman seperti ini tidak akan menganggap itu baik dan akan menganggap hal tersebut merupakan ancaman. Contohnya ketika kamu mendapat pujian dari bos atau dipercaya menjalankan proyek baru maka saat itu raut muka atau gestur tubuhnya akan terlihat tidak nyaman walaupun dirinya berusaha menutupi hal itu dengan senyuman. Bahkan kadang berusaha untuk mengganti topik pembicaraan saat kamu sedang berbagi berita bagus kepadanya.

Berkelit dari gosip.

 Mungkin akan ada rekan lain yang berkata padamu bahwa dia selalu membicarakan keburukan kamu di belakang. Tetapi saat dikonfirmasi, ia akan berkelit dengan berbagai alasan.

Kurang peka

Kamu mungkin sedang sedih karena kena omelan dari si bos. Tetapi saat kamu curhat dengannya maka rekanmu tidak akan menyemangati kamu untuk lebih baik, rekanmu malah membicarakan teman-temannya yang telah dipecat karena kasus yang sama persis.

Memotivasi untuk Segera Resign

Kadang dia akan mengumbar keburukan atasan atau perusahaan sehingga kamu tidak akan betah berlama-lama. Padahal, saat kamu keluar nanti dia sendiri akan terus bertahan di kantor tersebut. Tujuannya jelas untuk mengurangi persaingan dalam kantor.

Mengungkit Kekurangan

Mungkin selama ini kamu bersikap ceroboh saat berada kantor. Tetapi bukannya membantu mengingatkan kekuarangmu dia malah senang sekali untuk mengungkitnya di saat-saat yang genting.

Melempar kesalahan.

Hati-hati jika menemui rekan kerja seperti ini karena ia bisa menjadikanmu sebagai kambing hitam ketika dia berbuat kesalahan.

Memuji Supaya Bisa Menjatuhkan.

Dia mungkin akan memujimu, tetapi hal itu bertujuan untuk menjatuhkanmu. Hati-hati terhadap pujiannya, bisa jadi dia menyimpan maksud lain

Tak Ingin Ada Yang Lebih Baik Darinya.

Ia tidak ingin mempunyai rekan kerja yang lebih baik darinya. Alhasil dia akan senang sekali untuk mengajak kamu supaya lebih santai dalam menghadapi deadline dan menghambat kemajuanmu.  Dia mungkin akan bilang Jangan terlalu rajin mengerjakan tugas, nyantai aja toh gue juga belum ngerjain apa-apa. Padahal dia sudah mengerjakan tugasnya secara diam-diam.

Membuyarkan impianmu

Setiap kali kamu sharing soal mimpimu ke teman yang satu ini, maka akan membuat mimpimu menjadi terasa sulit untuk dimujudkan, malah dia akan berusaha membuat mimpimu  pupus di tengah jalan. Perkataan yang keluar dari mulutnya  memang terdengar sangat realistis tetapi teman yang baik tidak akan membuatmu down karena seharusnya dia menyemangati kamu untuk mengejar mimpimu.

Tips Untuk Yang Baru Masuk Ke Dunia Kerja

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>