Don't miss

Percaya dengan Mitos-Mitos agar Wanita Enteng Jodoh?

By on October 2, 2013

5. Percaya dengan Mitos-Mitos agar Wanita Enteng Jodoh 2

Memang benar hal-hal yang terkait dengan jodoh asik untuk dibahas. Banyak orang tua yang menganggap bila anak perempuannya sudah menikah, berarti anaknya sudah menemukan jodohnya. Tak heran jika orang tua merasa was-was bila anaknya tak kunjung menikah. Akibatnya tak sedikit orang tua yang percaya akan mitos-mitos agar anaknya enteng jodoh. Apa saja mitos-mitos agar enteng jodoh? Berikut  informasinya untuk kamu.

1. Cuci muka dengan air bekas siraman

Mitos yang satu ini terbilang lucu. Bahkan mitos ini sering membuat ibu-ibu yang mempunyai anak perempuan yang belum menikah menjadi heboh. Banyak ibu  yang berebut mengambil bekas siraman pengantin untuk dibasuhkan ke wajah anaknya. Tak masuk akal memang, tapi mau bagaimana lagi, banyak orang yang mempercayainya. Konon katanya jika seorang perempuan lajang yang mencuci mukanya dengan air sisa siraman pengantin akan cepat menyusul menikah.

2. Mencuri bunga pengantin

Mitos yang satu ini sangat familiar. Bahkan masih banyak wanita modern yang percaya dan kerap kali melakukannya. Umumnya kedua mempelai pengantin akan berhiaskan bunga asli yang sudah dirangkai sedemikian rupa. Bunga yang biasanya dipakai untuk hiasan pengantin adalah bunga melati dan mawar merah. Ada mitos yang mengatakan bahwa mencuri sekuntum bunga melati yang ada di keris mempelai pria, maka si pelakunya akan enteng jodoh. Mitos ini hanya berlaku di acara pernikahan tradisional. Tentu akan lain jika pengantin menggunakan tradisi barat. di tradisi barat ini, akan ada momen di mana pengantin wanita melempar buket bunga ke arah para tamu yang siap menangkap buket bunga tersebut. Konon katanya wanita yang berhasil menangkap buket bunga tersebut akan segera menyusul ke pelaminan.

5. Percaya dengan Mitos-Mitos agar Wanita Enteng Jodoh 1

3. Berendam di air terjun yang dikeramatkan

Ada cukup banyak air terjun di Indonesia dan kebetulan ada beberapa diantaranya memiliki kisah. Salah satu kisahnya adalah air terjun yang mempertemukan wanita dan pria yang kemudian keduanya berjodoh. Banyak orang yang kemudian percaya dengan kisah ini. Banyak orang yang percaya bahwa dengan mandi, mencuci muka, atau berendam di sungai yang  memiliki air terjun ini akan enteng jodoh. Sebut saja misalnya Curug Putri yang terdapat di  Cirebon.

4. Memegang belut raksasa

Mitos yang satu ini jauh lebih aneh. Di Ambon ada sebuah Kolam Mata Air Negeri Waai. Di dalamnya terdapat belut raksasa. Ukuran belut ini sebesar paha anak-anak. Tak sembarang orang bisa melihatnya. Jika ingin memancingnya keluar, sang pawai harus beraksi. Uniknya ada kepercayaan yang mengatakan bahwa jika seseorang yang belum menikah berhasil memegang belut raksasa ini, maka tak akan lagi ia akan menemukan jodohnya.

Percaya atau tidak, mitos ini masih saja dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Soal jodoh, pastinya hanya Tuhan yang mengaturnya.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>