Don't miss

Pembungkus Hamburger yang Membuatmu Lahap

By on November 10, 2013

Jepang memang gudangnya ide-ide dan produk-produk inovatif serta kreatif. Terkadang, gagasan dan benda penemuan itu bisa dianggap unik dan bisa jadi ‘gila’ menurut pendapat banyak orang. Tapi, itu tidak menyurutkan ide-ide untuk produk penuh inovasi dan kreativitas diciptakan dan diwujudkan oleh para inovator di Jepang.

Malah, kadang kala gagasan yang sangat sederhana bisa menjadi produk yang bermanfaat bagi kemaslahatan banyak orang. Seperti ide dan desain kertas bungkus hamburger yang sangat sederhana. Pembungkus hamburger kreatif dan sopan ini berbentuk segiempat dengan gambar bagian bawah dari wajah wanita yang kedua bibirnya terbuka sedikit saja dan sedang tersenyum manis.

Tujuan inovasi ini hanya satu, agar wanita tetap terlihat anggun dan berkelas meskipun makan hamburger dengan mulut yang menganga lebar-lebar. Karena pembungkus ini akan menutupi sebagian wajah wanita di sisi bawahnya ketikamenyantap hamburger. Bungkus hamburger ini dirancang dan dipakai oleh salah satu restoran cepat saji di Jepang.

Pembungkus hamburger kreatif ini boleh dikatakan ‘membebaskan’ wanita, sehingga diberi nama Liberation Wrapper. Sebab dengan pembungkus ini, wanita yang masih malu-malu atau enggan dicap tidak punya etiket di meja makan, bisa merasa bebas untuk membuka mulut jauh lebih lebar daripada biasanya. Berkat pembungkus ini, restoran tersebut populer di kalangan para wanita. Dan ini jelas saja menaikkan laba restoran itu.

Di saat menyuapkan hamburger dengan beberapa tingkat atau lapisan, tidak bisa dihindari kalau mulut harus dibuka lebar. Di dalam beberapa kebudayaan, membuka mulut lebar dianggap tidak sopan. Tentu saja tidak sopan karena tata cara bersantap di meja di kebudayaan tersebut adalah bibir tetap terkatup tanpa membuat suara di saat memasukkan dan mengunyah makanan.

Pembungkus hamburger kreatif ini mungkin bisa untuk roti lapis (roti isi) ‘sandwich’, kebab, bakpao, hot dog, taco, maupun jenis makanan lain yang sangat tebal (atau tinggi) selain untuk hamburger. Jadi, kamu masih bisa tetap sopan dan tidak melanggar tata krama di meja makan. Yang terpenting, tetap anggun dan cantik walaupun menganga lebar untuk menyuapkan hamburger atau makanan apa pun yang tebal dengan lahap.

Beberapa di antara kelemahan dari inovasi ini adalah, mulut wanita yang terbuka lebar untuk menyantap hamburgernya tetap kelihatan bila dipandangi dari arah samping. Di samping itu, model— entah model nyata atau fiktif—memiliki warna kulit putih. Selain wanita dari ras kulit kuning dan kulit putih, mungkin tidak bisa menggunakan pembungkus ini.

Wanita Indonesia yang kebanyakan berkulit sawo matang masih harus menahan diri kalau malu dianggap tidak sopan. Tapi, yah, memang bungkus ini baru ada di Jepang dan belum untuk wilayah lain di dunia. Kalaupun wanita dengan warna kulit lebih gelap bersantap di sini, akan tampak perbedaan yang mencolok.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>