Don't miss

Awas! Kerja Lembur Bisa Membunuh Kamu

By on September 26, 2013

Saat ini memang sudah tidak jaman lagi wanita hanya duduk diam di rumah menunggu anak dan suami pulang. Karir wanita pada jaman sekarang sudah bisa dibandingkan dengan pencapaian yang didapat oleh para pria, bahkan bisa lebih dahsyat lagi. Selain pencapaian, kasus workaholic yang bisa mendera para pria juga mulai menjalar ke wanita, sehatkah hal itu?

Bahaya Yang Menghadang

Sekilas, tak ada yang salah dengan jam kerja yang terlalu padat dan lama alias lembur. Selama kita kuat, hal itu tak akan menjadi masalah, begitu pikir kita. Padahal, tanpa kita tahu, kerja berlebihan alias kerja lembur memberi dampak yang luar biasa bagi beberapa elemen di tubuh kita salah satunya kesehatan.

Biasanya, wanita yang sering bekerja lembur memiliki pola tidur yang minim dan tak teratur. Umumnya, jam tidur yang ideal adalah 8 jam sehari, namun untuk orang yang bekerja overtime, tidur selama 2 sampai 4 jam sehari sudah bagus, 5 jam adalah waktu maksimal. Jika presentasi waktu kerja lebih besar daripada waktu istirahat, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit seperti serangan jantung dengan tingkat kemungkinan sebesar 60%! Itu fakta yang dikutip dari SheKnows.

Selain kurang sehat, wanita yang sering kerja lembur juga sering mengalami kesulitan mengatur emosi sehingga mereka menjadi mudah marah, kurang sabar, dan depresi yang berlebihan. Kondisi ini pastinya memicu tingkat stress yang tinggi sehingga berimbas ke aspek kebahagiaan wanita itu sendiri.

Yang paling parah adalah, tingkat stress yang tinggi juga meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara. Menurut beberapa penelitian, kanker payudara disebabkan bukan karena faktor genetik, melainkan karena tingkat stress yang tinggi.

 

Yang Harus Kamu Lakukan Adalah…

 

Mengatur waktu adalah hal pertama yang harus kamu pikirkan. Menurut CEO Digital Royalty, Amy Jo Martin Buatlah jadwal pribadi kamu sendiri yang mencakup waktu istirahat yang ideal, waktu bekerja, waktu bersosial dan sebagainya sehingga hidup kamu bisa jadi lebih teratur.

Agar pikiran jadi lebih rileks, sempatkan diri mengerjakan beberapa hal seperti berjalan kaki saat kamu menuju kantor. Selain untuk mendapatkan suasana baru yang lebih fresh sebelum kamu berkutat di depan tumpukan file kantor, kegiatan ini dapat menyehatkan tubuh karena bisa dihitung berjalan.

Di tengah-tengah jam kerja lembur, sempatkan diri untuk menyeduh teh hangat atau melakukan senam yoga sebagai relaksasi penyegar pikiran. Yoga juga akan membentuk postur tubuh menjadi lebih baik lagi. Jika kamu bukan tipe wanita yang menyukai hal-hal detail seperti itu, ada cara lain yang bisa dibilang sangat simple, yaitu mendengarkan musik.

Musik yang menenangkan akan lebih baik bagi tubuh karena efeknya bisa begitu menyejukan, tapi pilihan musik lain juga tidak masalah asalkan waktu mendengarnya tubuh kamu bisa benar-benar rileks dan pikirannya kamu bisa terasa bahagia. Memiliki Me Time sangatlah penting sebagai reward bagi tubuh kamu. Selain itu juga, pikiran kamu bisa teralihkan dari perasaaan jenih akibat bekerja.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>