Don't miss

8 Kiat Ajaib Membuat Make Up Pada Kulit Kering Tahan Lama

By on October 3, 2013

Jika kulit kamu kering, seringkali make up yang kamu gunakan tidak melekat pada wajah sehingga kulit muka kamu pun terlihat kusam. Penyebabnya adalah karena make up pada kulit kering tidak dapat melekat dengan sempurna dan akibatnya, riasan pada muka pun menjadi tidak tahan lama. Biarpun begitu. Jika kamu memiliki kulit wajah yang kering, kamu tak perlu khawatir. Berikut adalah 8 langkah yang dapat kamu ambil untuk mengaplikasikan make up dengan cara yang baik pada kulit wajah kering kamu supaya make up tersebut bisa tahan lama.

1.   Gunakan Foundation Cair dan Krim

Jika kulit wajah kamu kering dan rawan terkelupas, ada baiknya kamu memakai jenis foundation cair atau krim yang mengandung minyak. Bila kamu tidak bisa menutupi wajah kamu dengan foundation, kamu bisa mencoba menggunakan pelembab berwarna dengan bahan alami sebagai gantinya. Namun, bila kamu mempunyai tipe kulit kering, kamu tidak boleh mengganti pelembab berwarna yang kamu gunakan dengan pelembab biasa. Pilihan produk lain yang bisa kamu gunakan yaitu bb cream. Produk multitasking tak hanya menutup noda tapi juga harus mengandung pelembab yang baik untuk tipe kulit kering dengan bahan yang dapat menghidrasi seperti, misalnya, vitamin B dan hyaluronic acid.

2.   Perhatikan Pengelupasan Sel Kulit Mati Pada Bibir Kamu

Kulit kering atau kulit mati tak bisa menahan kelembapan sehingga kamu harus mengupayakan agar bibir kamu mengalami pengelupasan setiap 1 minggu sekali dengan cara menggunakan campuran yang terbuat dari gula dan madu. Alasannya yaitu karena gula dapat membuat kulit mati mengelupas sementara madu memiliki fungsi untuk melembabkan. Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu menggosok kulit pada bibir kamu secara lembut menggunakan sikat gigi yang lembab tanpa menggunakan pasta gigi.

3.   Pentingnya Memastikan Formula Lipstik yang Tepat

Jika kamu memiliki bibir yang mudah kering, kamu harus menghindari lipstick matte atau long wear formula mengingat lipstick jenis tersebut bisa membuat bibir kamu menjadi tambah kering. Solusinya, kamu bisa memakai lipstick biasa atau lip gloss karena keduanya dapat menjadikan bibir kamu terlihat lebih fresh.

4.   Selalu Abaikan Bedak

Hal penting lain yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin menggunakan make up pada kulit kering kamu yaitu pentingnya mengabaikan apapun yang dikatakan oleh para penjual di counter kosmetik. Alasannya yaitu karena kamu sebenarnya tidak perlu menggunakan bedak jika kulit kamu rawan mengelupas. Jika kulit wajah kamu kering namun dan sering mengkilap di area dahi, hidung, dan dagu, kamu bisa menambahkan sedikit bedak di area-area tersebut. Bila kulit kamu tidak mengkilap di area-area tersebut, maka kamu tidak perlu menggunakan bedak sama sekali.

 

5.   Pastikan Sel Kulit Mati di Wajah kamu Selalu Mengalami Pengelupasan

Jika make up yang kamu gunakan mengelupas setengah jam setelah kamu mengaplikasikannya, bisa jadi hal tersebut dipicu oleh penumpukan kulit mati. Untuk solusinya, kamu bisa mengimbuhkan penggunaan exfoliant wajah yang lembut pada jadwal perawatan kulit mingguan kamu dan pastikan kamu selalu ingat untuk melembabkan kulit wajah kamu setiap hari. Mengelupaskan susunan kulit mati sangat penting dalam perawatan kulit karena dengan melakukannya, kamu juga bisa melembabkan susunan yang lebih aktif di bawah kulit wajah Anda.

6.   Usahakan Untuk Selalu Memakai Toner Pelembab

Langkah penting lain yang wajib kamu ambil jika kamu ingin membuat make up pada kulit kering kamu tahan lebih lama yaitu pentingnya memakai toner pelembab. Usahakan untuk membawa toner pelembab untuk menambah kelembapan wajah kamu pada siang hari. kamu dapat menyemprotkannya di wajah kamu untuk membantu melembabkan kulit wajah kamu yang kering dan melindungi keseimbangan make up kamu dari masalah pengelupasan yang mungkin terjadi.

7.   Pentingnya Tidak Bersikap Pelit Dalam Menggunakan Pelembab

Berdasarkan definisi yang ada, kulit kering adalah kulit yang yang membuahkan minyak dalam jumlah yang sangat sedikit sehingga penggunaan pelembab untuk membantu menyeimbangkan kekeringan kulit menjadi sangat penting bagi mereka yang memiliki kulit wajah yang kering. Jika kulit wajah kamu kering, kamu tidak boleh menggunakan lotion akan tetapi pakailah cream khusus untuk kulit kering yang cukup tebal. Pelembab atau serum dengan kandungan bahan yang dapat menjaga kelembapan kulit seperti asam hyaluronic juga dapat membantu kamu mengatasi permasalahan tersebut. Jika kulit wajah kamu kering, pastikan juga untuk mengaplikasikan pelembab tidak hanya di seluruh muka, namun pada bagian leher kamu juga.

8.   Pastikan Untuk Selalu Meminum Air Sebanyak-banyaknya

Hal penting lain yang wajib kamu perhatikan jika kulit wajah kamu kering adalah pentingnya meminum air sebanyak-banyaknya. Jika bibir dan kulit kamu cenderung kering, ada baiknya kamu memeriksa minuman yang sering kamu konsumsi dan memastikan apakah kamu minum air dengan jumlah yang cukup. Pasalnya, konsumsi kafein, alkohol, maupun gula yang berlebih dapat membuat bibir kering dan mengelupas. Jika kamu memiliki kulit wajah yang kering, kamu harus mencoba untuk mengambil 8 langkah membuat make up pada kulit kering tahan lama tadi dan semoga langkah-langkah tersebut dapat memberikan manfaat yang nyata pada diri kamu.

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>