Don't miss

Trik Cerdas Dihari Pertama Masuk Kerja

By on January 12, 2014

Trik cerdas dihari pertama masuk kerja

Ketika kamu baru lulus kuliah, maka kamu pasti berharap mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian kamu, dari mulai gaji yang besar, fasilitas yang lengkap dan kemudahan untuk meniti jenjang karir yang lebih bagus.

Tepi tahukah kamu jika terjun ke dunia kerja sama sekali bukan perkara yang mudah seperti yang selama ini kamu bayangkan. Perlu keterampilan serta kemauan untuk terus belajar agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat bekerja, selain itu banyak disiplin ilmu yang kamu plajari dibangku kuliah terkadang tidak dipakai, karena setiap perusahaan memiliki sistem dan cara kerjanya masing-masing.

Untuk itu, kamu harus melakukan beberapa hal berikut ini ketika memasuki hari pertama kerja seperti yang dilansir dari Work Awesome berikut ini.

Jangan Terlalu Agresif

Ini merupakan hal yang perlu dihindari, kamu itu statusnya masih karyawan baru, jadi bersikap agresif dengan mengajukan terlalu banyak pendapat padahal kamu belum saling kenal dengan rekan-rekan maupun lingkungan kerja kamu merupakan tindakan yang kurang tepat. Lebih baik kamu kenali terlebih dahulu perusahaan kamu tempat bekerja, pahami, dan cobalah untuk mengolah ide-ide brilian kamu terlebih dahulu.

Mengingat Nama

Ketika hari pertama kerja, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mencoba untuk membuat impression atau kesan yang baik dengan atasan dan karyawan lainnya. Selain itu juga, sebisa mungkin ingatlah nama rekan-rekan sekantor kamu. Tidak perlu langsung semuanya, utamakan saja yang akan sering bersinggungan dengan tugas yang akan kamu emban.

Mempelajari Situasi

Untuk pertama kalinya, cobalah untuk bertanya dan membuat daftar orang-orang yang harus melapor dan kepada siapa mereka harus melapor jika ada sesuatu. Dengan mengetahui hal ini, maka kamu akan semakin mudah dalam menghandle pekerjaan serta bisa menunjukkan performa yang baik dimata rekan kerja kamu, terutama pada atasan kamu.

Senyum Dan Sapa

Sebenarnya ini merupakan cara simple, tetapi sangat penting untuk kelangsungan karir kamu. Meskipun akan sangat sulit, terutama buat kamu yang baru terjun kedunia kerja. Hal tersebut karena, setiap orang memiliki karakter berbeda dan tidak semua orang mau membalas senyum atau keramahan yang kamu tawarkan.

Untuk itu, cobalah untuk menyeimbangkan poin ini dengan poin nomer satu tadi. Seimbangkan antara keramahan dengan kecenderungan menjadi agresif tadi. Hargai orang-orang di sekeliling kamu, tetapi tidak perlu terlalu mencari perhatian mereka, bisa-bisa mereka mengangap kamu mempunyai benih-benih penjilat.

Menawarkan Bantuan

Walaupun kamu belum tahu apa-apa tentang pekerjaan yang akan kamu kerjakan, tetapi untuk bisa mengenal rekan-rekan kerja baru kamu, maka kamu bisa menawarkan bantuan pada mereka. Minimal pekerjaan yang mudah untuk dilakukan dan sudah kamu kuasai sebelumnya.

Trik cerdas dihari pertama masuk kerja

BACA JUGA:

Langkah Bekerja Efektif Tanpa Diganggu Stress

Alasan lebih baik mengejar karir di perusahaan besar

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>