Don't miss

Tips Untuk Yang Baru Masuk Ke Dunia Kerja

By on February 16, 2014

Tips Untuk Yang Baru Masuk Ke Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja untuk pertama kali sama sekali bukan hal yang mudah untuk siapapun. Diperlukan keterampilan yang cukup serta kemauan yang keras untuk terus belajar supaya bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang akan kamu masuki.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin memasuki dunia tersebut. Mungkin beberapa tips dibawah ini akan sangat berguna bagi yang ingin memulai mencari pekerjaan.

Mengingat Nama Rekan Kantor

Saat pertama kali memasuki ruangan kerja, Usahakan untuk membuat impression atau kesan yang sangat baik terutama pada bos dan rekan kerjamu. Selain itu, sebisa mungkin kamu harus ingat nama rekan-rekan yang sekantor denganmu. Nama-nama tersebut tidak perlu di ingat semuanya. Cukup ingat beberapa nama saja, ingatlah nama orang yang akan dekat dengan kamu, terutama orang yang nantinya mungkin akan membimbing kamu dalam pekerjaan tersebut atau yang mungkin akan satu tim denganmu.

Tidak Perlu Bersikap Agresif

Hal yang harus kamu hindari adalah bersikap agresif. Contohnya seperti mengajukan terlalu banyak pendapat saat pertemuan pertama, padahal kamu belum saling kenal dan memehami dengan rekan-rekan ataupun lingkungan kerja kamu saat ini.

Jika ingin bersikap agresif maka sebaiknya kenali terlebih dahulu perusahaan dimana kamu akan kerja. Pahami baik-baik perusahaan tersebut sebelum kamu mengajukan pendapat kamu.

Pelajari Situasinya

Usahakan untuk bertanya dan membuat daftar dari orang-orang yang harus melapor. Cari tahu kepada siapa mereka harus melaporkan pekerjaan mereka. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu akan semakin mudah  menghandle pekerjaan serta mampu untuk menunjukkan performa yang terbaik terutama pada atasanmu.

Tersenyum dan Menyapa

Hal ini sepertinya cukup simple. Tetapi untuk sebagian orang yang baru pertama kali terjun ke dalam dunia kerja, hal ini merupakan sesuatu yang tidak mudah. Pasalnya hampir setiap orang memiliki karakter yang berbeda dan tidak semua orang mau membalas senyum atau keramahan yang kamu tawarkan pada mereka.

Cobalah untuk menghargai orang-orang di sekeliling kamu dengan tersenyum dan menyapa, namun kamu tidak perlu terlalu mencari perhatian dari mereka. Cukup senyum dan sapa mereka dengan hangat.

Tawarkan Bantuan

Agar dapat mengenal rekan-rekan kerja barumu, kamu bisa menawarkan bantuan kepada mereka. Tetapi caranya bukan dengan mempromosikan dirimu, melainkan dengan terus meningkatkan skill atau kemampuan yang kamu miliki.

Dengan melakukan hal tersebut, maka  rekanmu akan sering meminta bantuan padamu. Jika sudah demikian, kamupun akan semakin sering berinteraksi dan akan dikenal baik oleh rekan maupun atasan.

lima poin  di atas memang terlihat sangat sepele dan mudah untuk dijalankan. tetapi mungkin kamu akan sedikit terkejut saat mempraktekannya di dunia kerja karena kondisinya akan sama sekali berbeda dari yang kamu bayangkan selama ini.

 Work-Meeting

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>