Don't miss

Tips Untuk Mengurangi Stress Karena Pekerjaan Yang Menumpuk

By on March 2, 2014

Memang benar bahwa tidak ada pekerjaan yang terbebas dari stress. Sepertinya memang stres merupakan bagian dari sebuat pekerjaan. Berbagai tekanan akan menekan otak kamu sampai merasa lebih dari batas yang kamu bisa tahan sehingga menyebabkan stress. Tekanan  tersebut bisa berasal dari load kerja yang sangat tinggi atau bisa jadi karena kurang cocok dengan atasan kamu, gaji kurang ataupun tidak bisa bekerja sama dengan rekan kerja lain.

Meskimun memang kita tidak mungkin untuk menghindarinya ketika stres tersebut datang akibat tekanan pekerjaan, tetapi ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya stres tersebut justru menjadi motivasi untuk kamu bekerja lebih giat dan semangat lagi. Cara untuk mengelola stres mungkin akan berbeda untuk setiap orangnya. Tetapi secara umum ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika stres tersebut datang padamu.

Komunikasi

Terkadang ada kalanya rencana yang sudah kamu susun tidak berjalan dengan mulus karena berbagai hal. Oleh karena itu kamu perlu menyampaikan masalah ini pada orang lain yang berkaitan dengan kerja kamu supaya beban kamu tidak terlalu berat. Disamping mempercepat pekerjaan, beban yang kamu rasakan pun akan terasa lebih ringan. Mungkin saja ada beberapa rekan kerja yang bisa membantu kamu untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Banyak Bergaul

Bergaul dengan rekan kerja dari divisi lain dapat mempermudah kamu untuk menjalin kerjasama dan pertemanan dengan sesama rekan kantor sehingga bisa sangat berguna dalam memperlancar pekerjaan. Sesekali, cobalah untuk meluangkan waktu kamu untuk makan siang bersama atau hang out bareng dengan rekan kerja sepulang dari pekerjaan sehari-hari supaya bisa menjalin kekompakan.

Ketika kamu membutuhkan bantuan mereka, maka mereka tidak akan ragu untuk membantu kamu karena kamu sudah dekat dengan mereka.

 Prioritaskan Yang Terpenting

Tetaplah tenang ketika kamu sedang dibebani banyak proyek penting sekaligus. Fokuslah pada tugas yang menjadi prioritas saat itu. Bila perlu, kamu bisa mengajukan keberatan pada atasan karena kamu berhak untuk mengerjakan apa yang menjadi beban dan target kamu.

Terorganisir

Biasakan untuk mengerjakan pekerjaan sesuai dengan jadwal setiap pekerjaan yang harus kamu lakukan di tempat kerja. Dengan target yang jelas dan terorganisir maka kamu bisa mengetahui bagaimana membuat sebuah perencanaan sehingga memudahkanmu untuk membereskan pekerjaan.

Delegasi

Jangan pernah meragukan potensi rekan kerja yang kamu miliki. Dengan begitu kamu bisa mendelegasikan tugas dan pekerjaan sehingga bisa dibereskan lebih cepat. Salah satu tujuan utama dari delegasi tugas kepada bawahan adalah untuk mengurangi rasa stres yang kamu rasakan. Meski begitu kamu harus tetap mendampinginya supaya tidak terjadi kesalahan sehingga tidak menambah beban yang kamu rasakan yang berakibat stress yang kamu alami meningkat akibat kesalahan tersebut.

 work-stress

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>