Don't miss

Menjadi sempurna di sesi wawancara kerja

By on December 18, 2013

 Trik menjadi sempurna di sesi wawancara kerja

Ketika anda kuliah dulu anda termasuk mahasiswa yang berprestasi. IPK anda lebih tinggi dari teman-teman anda dan anda pun lulus dengan predikat sebagai lulusan terbaik. Tapi hingga sekarang nsib baik belum berpihak kepada anda, anda masih dirumah ketika jam kerja dimulai atau dengan kata lain ‘menganggur’.

Perlu difahami, bahwa dengan modal IPK saja ternyata tidak menjamin Anda akan langsung mendapatkan pekerjaan dengan posisi impian. Banyak faktor yang sangat menentukan dalam persaingan mencari kerja. Apalagi jika anda ingin diterima kerja dengan gaji cukup dan fasilitas memadai, maka otomatis perjalanan anda akan semakin sulit.

Meskipun diakui bahwa mencari kerja sekarang ini sangat sulit, tapi sebenarnya ada beberapa trik  yang bisa anda pakai untuk mempermudah langkah anda dalam tujuan mendapatkan pekerjaan yang selama ini anda impikan.

Penampilan

Penampilan merupakan hal sederhana yang bisa dilihat dan dinilai secara kasat mata, jadi sangat wajar jika penampilan akan selalu menjadi point untama untuk memperoleh pekerjaan.

Jika anda masih berfikir kalau penampilan tidak penting, kayaknya anda harus mulai berfikir ulang tentang penampilan. Mau tidak mau, Anda harus berani mengakui bahwa penampilan merupakan hal utama yang akan membuat pewawancara tertarik pada Anda dan memberikan nilai lebih kepada anda.

Respon yang cepat

Respon cepat selalu menjaid hal yang utama ketik sesi wawancara, olehkarena itu selalu pasang mata dan telinga dengan baik, amati setiap perubahan yang terjadi pada diri si pewawancara, dan jangan sampai dia mengulangi pertanyaannya kepada anda. Hal ini juga berlaku jika si pewawancara tersebut melempar sebuah pertanyaan kepada Anda. Usahakan untuk menjawab dengan cepat, singkat dan jelas. Selain itu berusahalah untuk memberikan jawaban yang cerdas.

Pertahankan  Kontak mata

Kontak mata dan penampilan merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, untuk itu usahakan untuk selalu menjaga kontak mata dengan si pewawancara. Apabila anda merupakan tipe orang yang sangat pemalu, maka usahakan tetap fokus pada kontak mata dan diperbolehkan sesekali membuang pandangan dari si penginterview.

Kepercayaan diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penentu Anda bisa diterima bekerja. Mereka yang kurang percaya diri, justru akan langsung dicoret dari daftar si penginterview. IPK tinggi tidak akan bisa menyelamatkn anda jika anda tidak bisa menunjukan kepada si penginterviews bahwa anda punya kepercayaan diri sekaligus otak yang cerdas.

Jawaban smart

Sesi interviews sangat berbeda dengan ujian kenaikan tingkat atau sidang tugas akhir. Disini kebanyaka pertanyaan akan mecari tahu pandangan anda tetang pekerjaan dan posisi yang ditawarkan. Disini juga akan dinilai apakah anda layak atau tidak dengan posisi yang di tawarkan, karena yang dilihat disini adalah karakter.

Jadi usahakan jawaban yang anda berikan merupakan jawaban yang cerdas dan mampu dia mengerti.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>