Don't miss

Tips Mencegah Gangguan Digital yang Menghancurkan Konsentrasi Kerja

By on December 3, 2013

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi dapat menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Contoh sederhana saja, saat melihat ada orang lain yang memberikan komentar positif atau memberi like pada postingan kamu di social media akan membuat otak mengeluarkan hormon dopamin. Hormon ini akan membuat seseorang merasa senang.

Namun, gangguan digital seperti ini sebenarnya justru mengganggu konsentrasi kerja dan membuang – buang waktu sehingga menurunkan produktivitas dan efisiensi kerja. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindarkan diri dari gangguan ini dan mengembalikan kendali waktu kerja kamu.

 

Jangan Bermain Game

Pada dasarnya, membatasi diri ketika sedang asyik memainkan games kesayangan di ponsel atau di komputer sangatlah sulit. Kebanyakan games sebenarnya memang sengaja dirancang untuk membuat kamu tidak bisa berhenti untuk memainkan permainan tersebut. Ketika permainan selesai, akan muncul pemberitahuan untuk memainkan level selanjutnya.

Selain itu, level yang semakin sulit juga akan membuat kamu merasa tertantang dan belum puas jika belum mampu menyelesaikan level tersebut. Demikian seterusnya sehingga akhirnya kamu pun tidak punya jeda dan menghabiskan waktu berjam – jam asyik memainkan game tersebut.

 

Mencari Pengalih Perhatian

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka Path atau Facebook merupakan cara yang menyenangkan untuk melakukan jeda sejenak dari aktivitas kerja. Namun sering kali kamu justru asyik untuk melihat – lihat foto lucu dan sibuk berbalas komentar dengan teman – teman di jejaring sosial.

Tanpa disadari, waktu mengutak – atik jejaring sosial ini memakan waktu belasan menit. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu mencoba mencari aktivitas lain untuk mengalihkan perhatian sejenak. Misalnya dengan berjalan – jalan sejenak, melakukan peregangan singkat, atau melihat pemandangan di luar jendela. Dengan cara yang sederhana ini, kamu sudah bisa merilekskan pikiran.

Berhenti Sejenak Menggunakan Gadget

Nonaktifkan semua perangkat gadget kamu di malam hari. Atau, kamu juga bisa membuat satu hari tanpa penggunaan gadget untuk mencegah gangguan digital. Pada saat awal – awal melakukan hal ini, kamu mungkin akan merasa gelisah. Namun, semakin lama, kamu akan mulai terbiasa dengan hal ini.

Kamu bisa mengisi waktu luang dengan kesibukan lain yang tidak ada hubungannya dengan gadget. Pilihlah kesibukan seperti merawat tanaman, membaca buku, atau mengobrol dengan orang lain. Jika sudah asyik dengan aktivitas – aktiviats tersebut, bukan tidak mungkin kamu tidak  akan merindukan Twitter atau Facebook

Demikian beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah gangguan yang bisa membuat kamu jadi kecanduan dengan gadget entah itu ponsel, smartphone, tablet, atau komputer. Dengan melakukan aktivitas – aktivitas lain yang tidak melibatkan gadget, kamu tentu akan dengan mudah mengatasi gangguan digital dan tidak tergantung dengan perangkat – perangkat digital tersebut.

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>