Don't miss

Tips Hindari Rekan Kerja yang tak mau Kerja Sama

By on October 28, 2013

Pastinya dalam dunia kerja tak semua rekan kerja di tempat kamu bekerja nyaman dan bisa diajak kerja sama. Dan kondisi seperti ini sepertinya sangat wajar terjadi. Tak hanya kamu saja yang mengalaminya. Memang benar memiliki rekan kerja yang tak bisa diajak kerja sama dapat menghambat pekerjaan kamu. Tak heran jika kamu akan merasa kesal dan putus asa serta berkeinginan untuk menarik diri dari kondisi lingkungan kerja yang seperti ini. Nah, tapi tak ada salahnya juga kamu mencoba tips-tips berikut ini. Mungkin saja situasinya akan berubah.

1. Stay cool/ tetap tenang

Jika kamu menghadapi situasi yang seperti ini, sebaiknya kamu tetap bersikap tenang. Kemarahan tidak akan mengubah situasi ini. Sebaliknya, kemarahan hanya akan menambah situasinya semakin kacau. Wibawa kamu juga akan merosot di depan rekan-rekan kerja kamu. Jika  kamu bersikap tenang, kesan berwibawa, bijaksana, dan terkendali akan muncul dengan sendirinya. Dan dalam situasi yang tenang, apa saja yang kamu sampaikan pada rekan-rekan kerja kamu akan diperhatikan dengan seksama oleh rekan-rekan kerja kamu.

2. Cari tahu mengapa rekan kerja kamu bersikap demikian

Pasti semua orang mempunyai alasan mengapa ia marah-marah dan tak mau bekerjasama dengan kamu. Coba kamu cari tahu penyebabnya. Dengan mencari sumber permasalahannya, kamu bisa mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

3. Cari pandangan lain

Kamu juga bisa mencari pendapat lain jika rekan kerja kamu sulit diajak kompromi. Kamu bisa tanyakan pada rekan-rekan kerja lain apakah mereka juga merasakan hal yang sama dengan kamu. Mungkin saja rekan-rekan kerja yang lain memiliki pendapat yang berbeda dengan kamu. Dari pendapat yang berbeda ini kamu bisa telusuri kira-kira apa penyebab perubahan sikap rekan kerja kamu terhadap diri kamu. Kamu juga bisa minta pendapat dari rekan-rekan kerja yang lain. Mungkin kamu akan mendapatkan pencerahan atau solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi ini.

4. Sampaikan alasan kamu padanya

Bisa saja sumber sikapnya berasal dari sikap kamu yang tak bisa diajak kerjasama. Akibatnya dia merasa kesal dan menunjukan sikap-sikap yang juga bisa mengesalkan kamu. Jika memang terjadi, segera jelaskan padannya soal alasan kamu bersikap demikian. Dengan cara ini semuanya akan jauh lebih jelas.

5. Dekati dan kenali dia lebih dalam

Mengenalnya lebih dekat juga bisa kamu lakukan untuk lebih dekat dengan dia. Kamu bisa ajak dia mengobrol sambil minum the atau makan siang di sela-sela jam istirahat kantor. Mungkin saja ia bersikap kurang bersahabat dengan kamu karena dia belum mengenal kamu.

6. Wajib hargai dia

Teta hargai dia apapun yang dilakukanya pada kamu. Jika kamu meremehkannya, dia juga akan berbuat hal yang sama pada kamu.

7. Abaikan dia

Kamu boleh abaikan dia jika semua saran di atas tak juga membawa pengaruh pada sikapnya. Cara ini cukup ampuh untuk rekan kerja yang sulit diajak kerjasama.

8. Segera laporkan pada atasan

Solusi terakhir dan solusi yang paling ampuh untuk rekan yang tak mau diajak kerjasama adalah dengan melaporkannya ke atasan.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>