Don't miss

Tips Dekati Posisi Karir Anda

By on October 28, 2013

Meskipun sudah sukses dengan karirnya, terkadang seseorang tidak menikmati pekerjaan dan karirnya dengan alasan tidak sesuai dengan minat dan bidangnya. Mungkin kamu salah satunya. Pernahkah kamu berfikir untuk keluar dari pekerjaan dan menggeluti karir di bidang yang kamu inginkan? Setiap orang memang memiliki kemampuan di bidang yang berbeda-beda. Karir sukses di bidang yang digeluti oleh pengusaha suskes belum tentu juga cocok untuk kamu. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk dapatkan posisi karir yang kamu inginkan dan sesuai dengan bidang yang kamu tekuni.

1. Sesuaikan karir dengan kesukaan kamu

Jangan bercermin pada kesuksesan orang lain, tapi tiru semangatnya. Sebaiknya jangan terjebak untuk memilih bidang yang sama jika memang kamu tak memiliki minat di dalamnya. Kamu bisa gali dan kembangkan potensi kamu sebagai modal utama kamu untuk meraih kesuksesan.

2. Cari tahu soal pekerjaan yang cocok dengan kesukaan kamu

Kamu pastinya tahu hal apa saja yang kamu sukai. Tugas kamu selanjutnya adalah membuat daftar pekerjaan yang sesuai dengan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya saja kamu sangat menyukai binatang. Kamu bisa mencoba karir sebagai MC di kebun binatang atau sebagai pelatih binatang di sirkus-sirkus. Dengan demikian, pekerjaan kamu ini bisa kamu manfaatkan untuk menyalurkan hobi kamu.

3. Lebarkan ‘sayap’mu

Suatu pekerjaan adalah hal yang tak bisa terlepas dari hal yang lain. Suatu pekerjaan adalah rangkaian dari berbagai macam skill. Jadi saat kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang cocok, kamu bisa lihat cabang-cabang dari pekerjaan yang saat ini sedang kamu tekuni. Contohnya saat ini kamu bekerja sebagai desainer gambar. Beberapa bulan atau tahun kemudian kamu boleh mencoba bidang gambar lainnya seperti seni lukis, fotografi, bahkan dunia perfilman.  Pasti akan sangat menyenangkan, bukan? Kamu tak akan lagi bosan dengan pekerjaan-pekerjaan kamu.

4. Coba mencari cabang dari pekerjaan kamu

Setiap manusia pasti diberkahi keterampilan lebih dari satu, termasuk kamu. Keterampilan itulah yang wajib kamu manfaatkan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menciptakan karya lainnya yang bisa dapat menghasilkan lembaran-lembaran rupiah untuk kamu. Lumayan kan bisa untuk menambah penghasilan tiap bulannya.

5. Perkaya dan tingkatkan keterampilan kamu dengan cara banyak belajar

Setiap orang pasti akan mencintai pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan minatnya. Manfaatkan momen ini untuk memperdalam bidang yang sedang kamu tekuni ini. Apalagi kini dengan majunya teknologi, kamu bisa jauh lebih mudah untuk mendalami bidang yang akan kamu pelajari.

6. Tambah teman yang sudah berpengalaman di bidang yang sama

Jangan lupa perdalam ilmu dari senior yang sudah jauh berpengalaman. Kamu juga pastinya tak akan bosan menggeluti bidang pilihan kamu karena semua ilmu disampaikan langsung oleh senior kamu. Akan jauh lebih hebat dan beruntung jika kamu berhasil membuat kerjasama dengan senior. Sudah dipastikan bahwa kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

7. Tips yang terakhir adalah tetap evaluasi, positif thinking, dan tetap ikut kursus-kursus tambahan.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>