Don't miss

Tidur Siang Bisa Membuat Anda Produktif

By on November 18, 2013

Waktu istirahat adalah kebutuhan setiap individu, supaya tubuh tetap bugar dan pikiran lebih segar. Berbagai tugas yang menumpuk bukan menjadi alasan kuat untuk meninggalkan istirahat. Justru dengan beristirahat dengan cukup, bisa meningkatkan produktivitas kerja. Jadi, manfaatkanlah waktu luang atau waktu jeda dengan sebaik-baiknya.

Sebuah riset pernah dilakukan oleh Jason Jennings seorang penulis dari New York Times. Penelitian tersebut dilakukan dengan responden sejumlah lebih dari 11.000 CEO dan pengusaha. Mereka mengungkapkan, kalau jam istirahat dimanfaatkan untuk tindakan positif dan produktif. Berikut ini berbagai aktivitas yang bisa kamu  lakukan.

1. Keluar Sejenak dari Dalam Gedung Kantor

Terlalu lama duduk dalam posisi yang statis bisa menghambat aliran darah. Dalam kondisi tersebut dua per tiga darah yang mengalir bisa tertahan pada sekeliling areal pinggang. Disarankan kamu  bangun dari tempat duduk setiap satu atau dua jam. Kamu  bisa melakukan gerakan kecil dengan berjalan-jalan.

Lebih baik lagi, kamu  pergi keluar gedung kantor. Tindakan ini bisa membantu menormalkan kembali aliran darah menuju otak. Selain itu bisa meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Otot kaki lebih rileks dengan melakukan jalan walau hanya sebentar, efek baiknya tubuh menjadi tidak mudah merasa pegal-pegal. Tindakan ini terkadang berfungsi sebagai cara untuk mencari ide yang kreatif. Setelah keluar dari ruanagn dan bertemu orang lain bisa saja ide muncul dengan sendirinya.

2.  Melakukan Komunikasi Tatap Muka

Gunakanlah kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan kerja yang selama ini hanya berkomunikasi lewat pesan SMS atau email. Siapa tahu muncul ide baru yang kamu  cari selama ini.

3. Mendengarkan Musik

Dalam menyelesaikan tugas kerja juga dibutuhkan energi dan suasana yang mendukung. Motivasi dalam bekerja bisa dengan mudah meningkat dan sistem saraf mudah dirangsang dengan memanfaatkan musik berirama  cepat.

4. Membuka Situs Favorit kamu

Selain berbagai situs favorit kamu, disarankan membuka situs yang berisikan orang-orang yang inspiratif. Gunakan juga waktu istirahat untuk melihat berbagai topik hangat atau membuka aktivitas di jejaring sosial. Tapi jangan berlebihan, maksimal hanya 10 menit saja sehingga waktu istirahat kamu  tidak terbuang sia-sia.

5. Mencatat Berbagai Hal Positif

Energi yang keluar dari tubuh sangat tergantung dari kondisi pikiran dan psikologis. Jika kamu  berpikiran positif, emosi kamu  akan lebih stabil. Kerja akan lebih semangat dan banyak inspirasi yang mengalir deras.

6.  Tidur Sejenak

Menurut penelitian terbukti kalau tidur siang mampu meningkatkan konsentrasi dan energi. Jadi luangkan waktu untuk ini,walau hanya sekitar 30 menit saja.

7. Merapikan Meja Kerja

Pikiran yang jernih dengan penampilan meja kerja yang teratur dan rapi. Kemudahan mengambil dokumen dan peralatan yang dibutuhkan menjadi kelebihannya

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>