Don't miss

Menentukan Waktu Terbaik Untuk Menikah

By on November 22, 2013

Menikah adalah sebuah keputusan besar yang tidak boleh diputuskan secara asal ataupun tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Pernikahan adalah proses penyatuan dua kepala, dua prinsip, dan dua keluarga. Oleh karena itu, keputusan untuk menikah tidak boleh dilakukan secara sepihak dan tanpa pertimbangan.Sudah wajib bagi kamu untuk merundingkan dengan keluarga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikah.

Mungkin kamu dan dia sudah berpacaran sangat lama hingga akhirnya memutuskan untuk menikah.Namun, lagi-lagi kamu harus memikirkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memutuskan menikah. Pertimbangan ini harus dilakukan bersama-sama antara kamu dan pacarmu.Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum menikah.

Keuangan Sudah Stabil

Nantinya, keluargamu adalah tanggung jawabmu.Kamu dan suami harus bisa memecahkan masalah keuangan berdua. Sudah tidak pantas lagi bila kamu ataupun suami meminta uang dari orang tua karena kalian kan sudah berkeluarga. Oleh karena itu, penting bagi kamu dan suami untuk memiliki keuangan yang sudah stabil sebelum mengambil keputusan untuk menikah.

Pintar Mengendalikan Emosi

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel, menikah adalah proses penyatuan dua prinsip. Wajar apabila dalam perjalanannya akan ada banyak batu sandungan yang merupakan ujian pernikahan buat kamu dan suamimu. Untuk itu, sangat penting bagi kamu maupun suamimu untuk mengontrol atau mengendalikan emosi.Pintar-pintarlah melakukan manajemen pada emosi agar tidak terjadi pengambilan keputusan yang didasari oleh emosi.

Sudah Tahu Sama Tahu

Karena nantinya kamu dan suami akan hidup bersama, sudah bisa dipastikan bahwa kamu dan suamimu sudah saling terlibat dalam kehidupan masing-masing sebelum memutuskan menikah. Kalian harus sudah mengenal dan terlibat di lingkungan masing-masing seperti lingkungan keluarga besar, komunitas, maupun lingkungan pertemanan.Yang terpenting lagi, sebaiknya kamu dan suami sudah terbuka tentang semua kebiasaan masing-masing entah baik entah buruk agar saat hidup bersama tidak kaget lagi. Apabila sudah saling tahu satu sama lain, hampir bisa dipastikan bahwa kalian sudah sangat siap untuk menikah.

Bisa Bekerjasama

Tidak jarang sepasang suami istri sering ribut karena satu sama lain merasa paling superior. Dalam berkeluarga, apabila salah satu merasa lebih superior, maka kehidupan berkeluarga tidak akan berhasil. Lebih baik kamu dan suami mulai membiasakan diri untuk bekerjasama agar saat sudah hidup bersama nantinya masing-masing bisa saling membantu dan saling mengerti.

Tahu Tanggung Jawab

Terkadang, apabila pernikahan diputuskan terburu-buru, hasilnya tidak akan bagus. Sebaiknya kamu dan suami sudah mengetahui tanggung jawab masing-masing sebelum memutuskan menikah. Kalian juga harus tahu apakah nanti setelah menikah akan membeli rumah, kontrak, atau ikut orang tua dulu. Yang paling baik adalah semua direncanakan dari awal agar tidak terjadi pertengkaran.

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>