Don't miss

Lakukan Manajemen Waktu Sekarang

By on November 14, 2013

24 jam adalah ukuran waktu dalam 1 hari. Banyak orang merasa kurang dengan jumlah tersebut karena ada banyak sekali hal yang harus dilakukan. Kamu mungkin salah satu dari mereka yang selalu sibuk dengan pekerjaan tetapi masih ada saja pekerjaan yang belum dituntaskan. Kamu bahkan terkadang melupakan beberapa pekerjaan yang penting.

Ketika kamu merasakan kurangnya waktu yang kamu miliki untuk menuntaskan semua pekerjaan pentingmu, kamu membutuhkan manajemen waktu yang lebih baik dari yang saat ini kamu lakukan. Kamu bisa mengatur waktumu dengan lebih baik lagi dengan mengikuti beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini. Waktu yang kamu miliki akan lebih efektif digunakan setiap hari.

Menuliskan apa yang menjadi prioritas setiap hari adalah cara yang pertama. Kamu bisa memulai manajemen waktu ini dengan menuliskan daftar prioritas pekerjaan yang harus dituntaskan. Mengabaikan beberapa pekerjaan yang tidak penting adalah tindakan yang bisa kamu lakukan disini.

Kamu juga harus menuliskan tujuan dari pekerjaan yang sudah kamu prioritaskan. Tujuan tersebut harus dibedakan sesuai dengan hasil instan atau jangka panjang. Dengan menuliskan tujuan dari setiap pekerjaan, kamu akan lebih fokus mengerjakannya.

Menuliskan daftar dan mengurutkannya dengan nomor. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi memberikan nomor pada setiap daftar pekerjaan membuat Anda terpacu untuk segera menyelesaikannya.

Berikan urutan nomor pada setiap daftar pekerjaan sesuai dengan tingkat kepentingan dan waktu. Lakukan hal ini sebelum kamu tidur agar kamu ingat apa saja yang harus kamu kerjakan besok. Memberikan nomor pada daftar membantu kamu untuk melakukan pemilahan pekerjaan.

Katakan tidak pada pekerjaan lainnya. Kamu tidak mungkin ada di 2 tempat dalam waktu yang sama. Kamu juga tidak bisa membagi pikiranmu untuk 2 pekerjaan yang berbeda. Dengan waktu yang sedikit, hampir tidak mungkin semua hal tersebut dapat kamu kerjakan.

Berani mengatakan tidak pada pekerjaan tambahan yang ada diluar prioritasmu adalah tindakan yang baik dalam manajemen waktu. Aksi ini bukan berarti kamu tidak menjalankan pekerjaan dengan baik. Kamu harus tetap fokus terhadap apa yang sudah kamu rencanakan agar semua pekerjaanmu selesai pada waktunya.

Lakukan semua pekerjaan di saat yang tepat adalah hal yang baik. Kondisi tubuh tentu saja berpengaruh terhadap kinerja kerjamu. Mengerjakan pekerjaan paling baik jika dilakukan pada saat stamina kamu sedang penuh.

Kamu harus mempersiapkan waktu yang baik untuk bekerja dan juga untuk beristirahat. Menyelesaikan setiap pekerjaan penting bisa dilakukan pada pagi hari. Stamina pada pagi hari sangat baik untuk digunakan mengerjakan semua pekerjaan tersebut. Waktu setelah makan siang adalah waktu ketika stamina mulai menurun.

Kamu juga harus belajar disiplin. Jangan menunda pekerjaan dengan mengintip ke media sosial apa saja pada saat jam kerja. Mengobrol dengan teman juga akan mengurangi waktumu mengerjakan pekerjaan penting.

Walaupun kamu berasumsi bahwa hal tersebut hanyalah sebagai selingan, tapi topic yang hangat dan seru akan menyita banyak waktumu. Kamu mungkin akan menghabiskan lebih dari 1 jam untuk mengobrol tentang gosip para artis atau isu pemerintah yang seru pada saat itu.

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>