Don't miss

Hindari Hal Ini Saat Membuat CV

By on December 2, 2013

Setiap orang pasti mempunyai mimpi mengenai masa depan. Kamu pasti ingin mempunyai pekerjaan yang baik di masa mendatang. Pekerjaan yang biasanya diimpikan oleh banyak orang adalah pekerjaan yang memberikan posisi dan gaji yang tinggi sehingga segala kebutuhan baik material maupun non material bisa terpenuhi dengan baik. Jika sudah demikian, tentu kamu akan merasakan kebahagiaan hidup di dunia.

Kamu mungkin sudah membekali diri dengan pendidikan dan prestasi akademis yang cukup baik, tetapi hal ini kadang-kadang tidak cukup untuk membuat kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Saat ini, jumlah pekerjaan yang ditawarkan dan jumlah pencari kerja tidak seimbang sehingga banyak orang yang masih harus menganggur karena mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Persaingan di dunia pencarian kerja memang sangat ketat karena setiap lowongan pekerjaan yang ada pasti akan diserbu oleh banyak pelamar.

Jika kamu ingin berhasil dan mendapatkan pekerjaan yang kamu idam-idamkan, senjata pertama yang harus kamu lengkapi adalah kelengkapan berkas lamaran terutama CV. Banyak orang yang tidak serius saat membuat CV. Namun, jika kamu sudah mengirimkan banyak surat lamaran ke berbagai perusahaan dan masih belum juga mendapatkan panggilan, boleh jadi CV yang kamu buat tidak bagus.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu memberikan perhatian lebih ketika membuat CV karena bagus tidaknya CV akan mempengaruhi kesan pertama terhadap keseriusan lamaran kamu. Kamu perlu menghindari beberapa hal yang akan memberikan efek negatif pada lamaran kamu. Frase negatif merupakan hal pertama yang wajib kamu hindari saat membuat kelengkapan melamar kerja. Frase negatif tersebut meliputi ‘gaji berapa pun’ atau ‘bersedia ditempatkan di mana pun’. Sebaiknya kamu menggunakan kalimat yang lebih positif dan mampu menunjukkan motivasi serta minat kamu untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Kamu juga harus memberikan perhatian lebih terhadap penulisan riwayat pendidikan meliputi tahun masuk dan tahun kelulusan. Jika sampai kamu salah menuliskannya, kualitas diri kamu bisa mendapatkan dampak negatif dari kesalahan ini. Selain itu, kamu juga tidak boleh untuk mencantumkan spesifikasi atau jurusan. Dengan melengkapi informasi yang berkaitan dengan universitas, fakultas, dan jurusan, nilai jual kamu bisa semakin bertambah.

Kamu mungkin beranggapan bahwa saat membuat CV kamu memang mempunyai tujuan untuk menjual diri. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kamu harus menjual diri dengan porsi yang tepat. Menjual diri secara berlebihan justru akan membuat kamu terlihat terlalu pede apalagi jika kamu menambahkan informasi yang tidak ada kaitannya dengan kebutuhan lamaran.

Banyak orang yang membuat satu CV untuk melamar berbagai perusahaan dengan jenis profesi yang berlainan. Hal ini harus dihindari karena setiap lowongan pekerjaan mengharapkan keterampilan dan kualitas yang berbeda sehingga CV kamu sebaiknya juga dibuat menyeseuaikan lowongan pekerjaan yang dituju.

  

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>