Don't miss

Dampak Gunung Kelud, Para Pengungsi Mulai Terserang Ispa

By on February 14, 2014

Dampak Gunung Kelud, Para Pengungsi Mulai Terserang Ispa

Dampat dari letusan Gunung Kelud ternyata tidak hanya berdampak pada kota sekitarnya saja tetapi juga sampai pada kota-kota lain yang berjarak ratusan kilometer dari pusat letusan. Salah satu kota yang terkena dampak paling parah adalah kota Solo. Hampir semua sudut kota tertutup oleh abu dan jalanan juga tampak memutih.

Dentuman terdengar sangat keras di kota Solo. Pada awalnya, warga mengira suara itu adalah suara bom. Sesaat kemudian mereka baru menyadari dentuman itu sebagai letusan dari gunung berapi.

Tidak hanya solo, debu dari letusan ini juga sampai ke daerah Purbalingga, Jawa Tengah. Bahkan sampai ke daerah Bandung Jawa Barat yang mempunyai jarak ratusan kilometer dari Gunung yang meletus tersebut.

Mengapa debu-debu dari gunung tersebut bisa terbang begitu jauh hingga mencapai Jawa Barat?

Ternyata menurut info yang didapat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  kunci masalah ini terletak pada ketinggian gunung dan kecepatan angin yang berhembus.

Menurut laporan yang terpantau, abu vulkanik sudah mencapai Garut, Tasikmalaya dan Bandung, Tetapi terlihat bahwa ketebalan kabutnya tidak sama seperti yang terjadi di daerah Jawa Tengah maupun Jawa timur.

Sementara itu puluhan pengungsi yang berada di Kantor Kecamatan Pujon Kabupaten Malang rupanya sudah mulai terserang penyakit infeksi saluran pernapasan. Para korban tersebut mengalami Ispa dan memenuhi ruangan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang berada di sebelah timur dekat kantor kecamatan.

Menurut salah seorang Petugas Dinas Kesehatan dari Kabupaten Malang yang bernama Aguswo, para pengungsi yang kesana ternyata banyak yang alami gangguan pernapasan. Petugas Dinas Kesehatan dari Kabupaten Malang.

Menurut informasi yang beredar, sampai siang ini telah dilaporkan sudah ada sekitar 25 warga telah memeriksakan kondisi kesehatan mereka. Bagi warga yang telah menderita gangguan pernafasan yang cukup serius maka diharapkan harus segera mendapatkan penanganan yang baik. Mereka yang mendapatkan masalah ini akan langsung  dibawa ke Puskesmas yang berada di daerah Pujon.

Terlihat sejak pagi warga telah silih berganti masuk puskesman supaya dapat memeriksakan kesehatan mereka beserta keluarga agar terhindari dari penyakit yang lebih parah. Mereka yang datang  merupakan warga yang telah berhasil dievakuasi dari tempat tinggal mereka.

Tetapi sayangnya tempat perawatan sepertinya tidak cukup dalam menampung warga yang datang.Terbatasnya tempat perawatan ini membuat petugas terpaksa harus berbagi tempat dengan para warga yang datang. Tidak hanya itu saja yang memprihatinkan, malah  satu ranjang untuk keadaan daruratpun rupanya telah diisi oleh lebih dari satu orang warga. Hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas dan tempat perawatan.

Sementara itu para petugas PMI dan TNI AD rupanya sudah mendirikan dapur umum agar dapat memenuhi kebutuhan makan dari para pengungsi.

Dampak Gunung Kelud, Para Pengungsi Mulai Terserang Ispa

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>