Don't miss

Cara Perawatan Sepatu Pria Berdasarkan Tipe Sepatu Pria yang Dipakai

By on November 2, 2013

Jika kamu adalah seorang pria, kamu harus tahu berbagai cara perawatan sepatu pria tidak peduli jenis sepatu pria apa yang kamu gunakan. Alasannya adalah karena sepatu merupakan salah satu aset paling penting bagi penampilan kamu dan cara merawat sepatu pria sendiri, tentu berbeda-beda karena sepatu pria juga hadir dalam berbagai model berbeda seperti sepatu formal, sneakers, dan lain sebagainya. Jika kamu peduli dengan perawatan sepatu yang biasa kamu kenakan, berikut adalah cara-cara merawat sepatu pria yang bisa kamu coba lakukan untuk merawat sepatu pribadi kamu.

Cara Perawatan Sepatu Kulit

Salah satu jenis sepatu pria yang dianggap paling elegan adalah sepatu kulit karena sepatu jenis ini terlihat lebih gagah serta berkelas dari sepatu-sepatu jenis lain. Jika kamu mempunyai sepatu kulit dalam koleksi kamu, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu kulit kamu. Merawat sepatu kulit untuk pria sendiri sebenarnya gampang-gampang susah dan tentu saja, ada berbagai hal yang boleh kamu lakukan serta tidak boleh kamu lakukan dalam merawat sepatu kulit untuk pria.

Untuk merawat sepatu kulit kamu, cara perawatan sepatu pria pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan sepatu kulit kamu dari debu. Alasannya adalah karena debu yang menempel dalam waktu yang lama pada sepatu kulit dapat menjadi lengket serta susah dibersihkan jika dibiarkan begitu saja. Selain membersihkan debu pada sepatu kulit kamu, cara selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu menyemir sepatu dengan warna yang sesuai dengan warna sepatu tersebut supaya sepatu tidak terlihat kusam. Jika kamu ingin merawat sepatu kulit kamu, selain melakukan cara-cara tersebut, kamu juga harus menghindari berbagai hal yang dapat merusak sepatu kulit kamu.

Agar sepatu kulit kamu senantiasa terjaga kondisinya, hal pertama yang harus kamu hindari yaitu pemakaian sepatu yang berlebihan karena itu bisa membuat kulit menekuk dan jika hal tersebut terjadi, akan sulit untuk mengembalikan tekukan tersebut ke kondisi semula. Hal kedua yang perlu kamu hindari dalam perawatan sepatu kulit yaitu penggunaan sikat yang kasar karena sikat yang kasar dapat meninggalkan bekas pada sepatu kulit kamu. Dalam merawat sepatu kulit kamu, kamu juga harus menghindari panas yang berlebih saat kamu mengeringkan sepatu kulit tersebut karena panas yang berlebih dapat menyebabkan kulit pecah dikarenakan terlalu kering. Jika kamu berniat untuk mengeringkan sepatu kulit kamu menggunakan alat pengering, selalu pastikan juga untuk melapisi sepatu kulit kamu dengan koran agar sepatu tidak terkena panas berlebih yang dapat merusaknya.

Berbagai Cara Merawat Sepatu Suede

Selain sepatu kulit, jenis sepatu lain yang terlihat elegan ketika dikenakan adalah sepatu suede karena bahan sejenis beludru yang digunakan untuk membuat sepatu jenis tersebut terlihat sangat elegan. Sepatu dengan bahan suede sendiri bisa meliputi casual boots, wallabees, dan masih banyak lagi dan perawatan sepatu jenis ini bisa cukup memusingkan apalagi jika sepatu tersebut sudah terkena flek seperti tetesan tinta atau cipratan lumpur. Jika kamu sering memakain sepatu suede, berikut adalah cara perawatan sepatu dari bahan suede yang bisa kamu lakukan agar sepatu suede kamu senantiasa berada dalam kondisi terbaiknya.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu suede kamu adalah dengan membersihkan sepatu suede tersebut menggunakan handuk atau sikat yang dirancang khusus untuk sepatu berbahan suede. Saat kamu membersihkan sepatu suede kamu, pastikan bahwa kamu membersihkannya secara searah agar flek pada sepatu suede kamu tidak menyebar serta untuk memastikan agar permukaan suede sepatu kamu tidak menjadi berantakan. Untuk membersihkan sepatu suede, pastikan juga untuk selalu menggunakan cairan khusus pembersih bahan suede supaya kamu bisa membersihkan sepatu suede kamu dengan lebih mudah.

Dalam merawat sepatu suede, tentu ada berbagai hal yang harus kamu hindari juga dan salah satunya yaitu kamu harus selalu menghindari rasa malas dalam membersihkan sepatu suede kamu. Pasalnya, jika kamu malas dalam membersihkan sepatu suede kamu, bahan sepatu tersebut akan mengeras dan menjadi lebih susah untuk dibersihkan. Selain itu, hindari juga proses pengeringan sepatu yang terlalu cepat karena bahan suede mudah lapuk jika bahan tersebut terlalu kaku setelah terkena panas berlebihan, Untuk itu, pastikan untuk selalu membiarkan sepatu suede kamu kering secara perlahan setelah kamu cuci atau setelah sepatu tersebut terkena air hujan.

Cara-cara Perawatan Sepatu Dari Bahan-bahan Lain

Tak hanya sepatu dari bahan kulit dan suede, sepatu yang terbuat dari berbagai jenis bahan lain seperti nylon, canvas, dan lain sebagainya juga sangat diminati di kalangan pria. Jika kamu lebih menyukai sepatu yang terbuat dari bahan selain kulit dan suede, kamu bisa merawat sepatu tersebut dengan cara yang bisa dibilang lebih mudah daripada cara perawatan sepatu kulit dan sepatu suede. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu kamu supaya sepatu kamu selalu berada pada kondisi prima.

Dalam merawat sepatu yang terbuat dari bahan selain kulit dan suede, hal penting pertama yang harus kamu perhatikan yaitu pentingnya penggunaan sikat yang bersih dalam membersihkan sepatu kamu. Selain menggunakan sikat yang bersih, pastikan juga sikat yang kamu gunakan tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus supaya kotoran di sepatu kamu dapat rontok dengan mudah. Sebelum menyikat sepatu kamu, kamu juga harus memastikan untuk mengelap sepatu tersebut terlebih dahulu menggunakan lap atau kain yang permukaannya halus. Untuk membersihkan sepatu tersebut, gunakan juga cairan khusus seperti, misalnya, cairan sejenis sabun untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan sepatu kamu.

Untuk merawat sepatu dengan bahan selain kulit dan suede, kamu juga harus menghindari penggunaan sabin cuci yang sifatnya keras seperti, misalnya, detergen, karena sabun cuci tersebut dapat melunturkan warna sepatu kamu. Jika sepatu kamu berwarna putih, pastikan juga untuk membersihkannya dengan sangat hati-hati karena flek akan sulit dihilangkan jika sudah menyerap pada sepatu. Jika kamu ingin sepatu kamu selalu berada pada kondisi prima, ada berbagai cara yang dapat  kamu lakukan dan tentu saja, cara-cara merawat sepatu pria tidaklah sulit untuk dilakukan. Agar sepatu kamu awet, selain mengetahui cara perawatan sepatu pria, kamu juga harus selalu menggunakan sepatu secara bergantian sesuai dengan kebutuhan karena menggunakan satu sepatu saja setiap harinya dapat memperpendek umur sepatu tersebut.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>