Don't miss

Cara Negosiasi Gaji Paling Efektif Saat Digoda Perusahaan Lain

By on December 9, 2013

Jika saat ini, kamu sedang bekerja di sebuah perusahaan, mengetahui cara negosiasi gaji ketika kamu digoda oleh perusahaan lain adalah sesuatu yang wajib kamu ketahui. Pasalnya, dalam dunia kerja, dikenal istilah ‘dibajak’ atau ‘hijacked’ yaitu situasi dimana seorang karyawan atau pegawai dilirik oleh perusahaan pesaing dari perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja. Perusahaan pesaing biasanya akan menawarkan gaji yang lebih besar serta berbagai fasilitas yang lebih memadai kepada karyawan yang sedang dilirik tersebut. Jika kamu sedang mengalami situasi tersebut, tentu kamu tidak boleh secara serta merta menyetujui tawaran dari perusahaan pesaing tersebut namun sebaiknya kamu bernegosiasi dengan perusahaan yang melirik kamu tersebut.

Situasi dimana perusahaan lain menyatakan ketertarikan untuk mempekerjakan kamu sendiri sebenarnya bisa menjadi sebuah tanda bahwa kamu memiliki potensi yang cemerlang. Bukan itu saja, hal tersebut juga berarti bahwa perusahaan kompetitor tersebut menilai bahwa kamu memiliki kadar loyalitas tinggi sehingga mereka merasa tertantang untuk merekrut kamu. Saat kesempatan tersebut datang, kamu harus mengerahkan segenap kemampuan kamu untuk bernegosiasi dengan perusahaan tersebut supaya nantinya kamu tidak menyesal di tengah jalan. Berikut adalah cara negosiasi gaji paling efektif yang bisa kamu lakukan saat perusahaan lain menyatakan ketertarikan untuk merekrut kamu.

Mulailah Dengan Meminta Gaji yang Tinggi

Saat perusahaan lain melirik kamu dan menyatakan bahwa mereka ingin mempekerjakan kamu, cara negosiasi pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meminta gaji yang tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jika seorang karyawan yang sebelumnya sudah memiliki pengalaman kerja meminta gaji dengan besaran yang relatif tinggi atau kurang lebih dua kali lipat dari gaji yang sebelumnya mereka terima, proses negosiasi gaji justru akan berakhir dengan nominal gaji yang relatif tinggi pula. Meski begitu, tentu ada baiknya juga jika kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai standar gaji untuk jabatan yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Tujuannya yaitu supaya besaran gaji yang kamu ajukan dalam negosiasi tidak melebihi standardisasi perusahaan yang tertarik untuk mempekerjakan kamu tersebut.

Ketahui Bahwa Menolak Tawaran Adalah Sesuatu yang Wajar

Jika perusahaan lain menyatakan tertarik untuk mempekerjakan kamu dan menawarkan jabatan untuk kamu, kamu boleh-boleh saja menolak karena sebagai pihak yang mendapat tawaran, wajar jika kamu menolak kompromi dimana kamu merasa bahwa penawaran mereka tak memenuhi ekspektasi kamu. Situasi yang mungkin ingin kamu hindari yaitu ketika kamu sebelumnya telah mendapat informasi mengenai standar jumlah gaji di perusahaan tersebut namun ternyata jumlah yang kamu terima jauh berbeda. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh penulis artikel 10 Questions to Ask When Negotiating Salary dan Monster Finance Careers Expert, Dona Dezube yaitu jika kamu terlalu berkompromi, hasil yang kamu dapatkan akan tertebak dan kamu justru akan mendapatkan uang dalam jumlah yang sedikit. Mengetahui cara negosiasi gaji adalah sesuatu yang penting bagi setiap karyawan karena dengan mengetahui cara tersebut, kamu bisa terhindar dari situasi yang tidak diinginkan saat kamu mendapatkan tawaran dari perusahaan lain.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>