Don't miss

8 Tips Sukses Lolos Wawancara Kerja

By on October 15, 2013

Ketika mendapat panggilan kerja, kamu pasti merasa senang karena ini merupakan hal yang telah kamu nanti-nantikan. Tetapi, panggilan wawancara kerja seringkali menjadi momok bagi para pencari kerja. Apalagi, jika ini adalah pengalaman wawancara pertama kalinya. kamu pasti ingin tampil berkesan dan memikat perusahaan agar menerima Kamu.

Tetapi jangan khawatir, karena berikut ini beberapa tips agar sukses menjalani wawancara. Tips berikut ini akan membantu kamu melewati tahap wawancara dengan baik.

Cari Tahu Informasi Perusahaan

Jika kamu melamar di sebuah perusahaan, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tempat kamu melamar. Sangat buruk jika kamu tidak mengetahui seluk beluk dan latar belakang perusahaan. Lebih parahnya, jika saat wawancara nanti pihak perusahaan menanyakan hal ini. Oleh sebab itu, carilah informasi perusahaan sebagai bekal sebelum wawancara.

Percaya Diri

Ceritakan tentang dirimu dengan baik. Jangan pernah gugup saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Percaya diri adalah salah satu hal yang dinilai oleh pewawancara.

Percaya diri memang penting, tetapi jangan over pede. Pede yang berlebih justu akan menjadi bumerang buat Kamu. Tunjukkan sikap percaya diri kamu dalam batas yang wajar. Ceritakan pengalaman hidupmu tetapi jangan berlebihan.

Jujur

Ini adalah salah satu aspek penting yang dinilai saat wawancara. Sebuah perusahaan sangat menghargai sebuah kejujuran. Jawab semua pertanyaan sesuai dengan apa yang ditanyakan secara jujur.

Tepat Waktu

Ketepatan waktu kehadiran sangatlah penting. Oleh sebab itu jangan sampai terlambat datang wawancara kerja. Tidak etis jika kamu terlambat dari waktu yang telah ditentukan. Sebaiknya datanglah lebih awal. Datang lebih awal akan memberi kamu waktu untuk lebih mempersiapkan diri dan menjernihkan pikiran.

Antusias

Tunjukkan keinginan yang besar dan sikap ketertarikan untuk bergabung dengan perusahaan. Ketertarikanmu bisa dilihat dari gestur tubuhmu. Duduklah dengan tegap, jangan menyandar, tatap mata pihak pewawancara, dan tetap fokus.

Mata yang berbinar akan menunjukkan semangat yang ada dari dalam diri pelamar. Perusahaan menginginkan seseorang yang siap dengan pekerjaan yang ditawarkan dan bersedia untuk mengembangkan diri.

Penampilan Bersih dan Wangi

Jangan tampil lusuh atau loyo saat wawancara kerja. Penampilan yang bersih dan segar akan membuat lawan bicara merasa senang. kamu bisa melakukan perawatan kulit agar penampilan kamu terlihat lebih bersih. Selain itu, jangan lupa untuk memakai parfum supaya wangi.

Pakaian Rapi

Berpakaianlah yang sopan dan rapi sesuai citra perusahaan. Pakailah kemeja dengan bawahan rok atau celana. Hindari mengenakan jeans. Sebaiknya jangan memakai sepatu flat. Namun, high heel juga tidak boleh terlalu tinggi.

Untuk make up, gunakan make up yang sesuai dengan warna kulit dan tidak terlalu tebal.

Kesan Akhir

Saat wawancara, jangan menjadi orang yang pasif, terutama jika pihak pewawancara menawari kamu untuk bertanya. kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menyakan tentang deskripsi kerja atau tujuan perusahaan. Sebaiknya jangan menanyakan soal soal gaji karena perusahaan biasanya yang akan berinisiatif untuk memberitahu tentang info gaji.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>