Don't miss

8 Tips Menghindari Penyakit Pada Orang Kantoran

By on November 19, 2013

 

Para pekerja kantoran biasanya mengalami yang namanya tidak enak badan atau lelah. Penyakit pada orang kantoran ini sebenarnya bukan disebabkan karena pekerjaan kantor menumpuk yang tak kunjung selesai. Kebiasaan buruk Kamu dan keaaan kantor yang tidak kondusif dapat membuat Kamu terserang sindrom orang kantoran.

Dilansir dari laman Health24, berikut ini beberapa tips menghindari penyakit pada pekerja kantoran seperti rasa lelah dan lesu saat di kantor.

Cahaya dan Ventilasi Memadai

Posisikan meja kerja Kamu di area yang mendapatkan cukup sinar matahari. Sinar matahari akan membuat Kamu merasa lebih nyaman dan sehat. Jika tidak memungkinkan, usahakan meja kerja mendapat cahaya dari lampu pijar sehingga semuanya bisa terlihat dengan jelas. Selain itu, jangan lupa untuk sesekali membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam ruangan dapat terjadi dengan baik.

Matikan Peralatan Kantor yang Tidak Digunakan

Matikan mesin fotokopi, laptop. PC, dan fax saat perangkat tersebut tidak sedang digunakan. Alat-alat tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu kesehatan. Tidak enak badan, hipertensi, dan kegelisahan adalah salah satu efek gelombang elektromagnetik.

Meletakkan Tanaman di Meja Kerja

Kamu juga bisa meletakkan di dekat meja komputer yang biasa kamu gunakan untuk bekerja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Nasa, tanaman hijau dalam ruangan ternyata dapat menyerap polutan dan gas berbahaya dari udara di ruangan. Selain itu, warna hijau pada tanaman juga mampu membuat Kamu lebih rileks dan menghilangkan perasaan letih karena menatap layar komputer terlalu lama.

 

Kurangi Penggunaan AC

Terlalu sering terpapar udara yang dingin dapat membuat kulit kamu menjadi pecah-pecah dan kering. Jika kamu kepanasan, kamu bisa memakai kipas angin. Hal ini bertujuan untuk mencegah keriput di wajah.

 

Menghindari Asap Rokok

Tentu sudah bukan rahasia lagi jika asap rokok memiliki kandungan racun yang berbahaya bagi tubuh. Jadi untuk tips menghindari penyakit yang selanjutnya, peringatkan rekan kerja kantor agar tidak merokok di ruang kerja pada saat beristirahat.

 

Melihat Sekeliling

Bila pekerjaan mengharuskan kamu untuk melihat layar komputer setiap hari, selalu usahakan untuk meluangkan waktu selama 20 menit untuk melihat keadaan lingkungan di sekitar kamu. Hal ini cukup efektif untuk membantu mengendurkan urat syaraf mata agar tidak tegang.

Membersihkan Telepon, Mouse, dan Keyboard

National Consumers League menyarankan untuk membersihkan obyek-obyek tertentu dengan pembersih anti kuman. Kalau kamu tahu, telepon, keyboard, dan mouse sering menjadi sarang bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan kamu sakit.

 

Sadar Saat Stress

Kamu harus tahu kapasitas kamu dalam bekerja, tahu kapan kamu harus beristirahat, dan kapan saatnya untuk mengambil libur. Kamu seringkali terlalu fokus pada pekerjaan dan mengabaikan bahwa tubuh kamu seharusnya perlu beristirahat.

Demikian beberapa tips menghindari penyakit saat bekerja di kantor. Dengan tips tersebut, kamu pasti lebih bersemangat untuk bekerja dan tidak mudah sakit.

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>