Don't miss

Tanda-tanda Pria Yang Mempunyai Testosteron Rendah

By on February 27, 2014

suntikan-testosteron-lindungi-pria-dari-serangan-jantung

Meskipun hormon testosteron tidak hanya ada dalam tubuh pria dan terdapat juga pada tubuh wanita tetapi testosteron lebih dikenal sebagai hormon seks pria karena testosteron diproduksi di dalam testis dan membantu perkembangan penis, testikel dan bagian tubuh lain seperti rambut dan suara saat pria mengalami pubertas. Hormon tersebut juga berfungsi untuk menjaga fungsi seksual pada pria seperti dorongan seksual, ereksi, produksi sperma dan sebagainya.

Level testosteron akan menurun dengan bertambahnya usia. Penurunan tersebut menyebabkan beberapa perubahan fisik dan kesehatan mental pada pria. Tapi meskipun demikian, menurunnya testosteron bisa terjadi pada pria yang masih muda. Berikut adalah beberpa tanda jika pria memiliki testosteron yang rendah.

Gairah Seks Yang Rendah

Tingkat libido pria sangat dipengaruhi oleh hormon Testosteron. Jumlah hormon testosteron yang berkurang akan menurunkan gairah seks pada pria. Memang benar bahwa adalah hal yang normal jika pria sesekali kehilangan nafsu seksnya. Tetapi apa bila terjadi penurunan hasrat bercinta yang cukup drastis, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda dari rendahnya level testosteron pada pria tersebut.

 Disfungsi Ereksi

Testosteron akan menstimulasi reseptor pada otak untuk memproduksi nitric oxide yang merupakan molekul pemicu ereksi. Jika ereksi penis melemah pada saat bercinta, maka perlu diwaspadai karena kemungkinan telah terjadi penurunan hormon testosteron.

Lelah Terus

Pria yang memiliki testosteron rendah akan mudah lelah. Selain itu depresi, merasa tidak berenergi dan tidur kurang dari enam jam juga akan dirasakannya.

Produksi Sperma Sedikit

Jika kamu merasakan adanya penurunan produksi sperma ketika ejakulasi maka bisa jadi tanda ada masalah pada hormon testosteronmu

Menyusutnya Testikel

Rendahnya level testosteron juga bisa menurunkan fungsi organ seksual pria. Salah satunya adalah testikel yang bisa menyusut dan melunak ketika testikel tersebut di sentuh.

Tenaga Yang Berkurang

Kondisi ini akan menyebabkan seorang pria mudah lelah, bahkan meski dia cukup tidur. Tentu saja hal ini akan menghalangi aktivitas hariannya dan membuat dia tidak termotivasi untuk bekerja.

Rambut Yang Rontok

Testosteron juga berperan dalam pertumbuhan rambut di daerah kepala dan bagian tubuh lain. Itulah sebabnya saat pria menua maka kepalanya akan cenderung menjadi botak karena menurunnya produksi testosteron dalam tubuh. Tetapi jika terjadi kerontokan rambut yang parah secara tiba-tiba maka hal itu bisa jadi merupakan gejala rendahnya testosteron.

Sulit Tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan produksi hormon testosteron menjadi rendah. Tetapi selain itu, Rendahnya level testosteron yang disertai dengan berkurangnya energi pada tubuh akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang sehingga menyebabkan insomnia. Kamu patut waspada jika tiba-tiba kamu sulit tidur karena itu merupakan satu tanda terganggunya produksi hormon seks pada pria.

Gangguan Emosional

Testosteron rendah juga bisa memengaruhi kondisi emosional seseorang. Rendahnya hormoneini dapat menyebabkan mudah sedih, depresi, sulit konsentrasi serta kurangnya rasa percaya diri.
testosteron-rendah-rev2

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>