Don't miss

Sukses Melewati Tahapan Interview Kerja

By on January 27, 2014

interview, tips kerja, melamar kerja,

Tahapan interview atau wawancara kerja merupakan babak terakhir dalam seleksi penerimaan kerja. Pada tahap ini perusahaan akan mencoba mengenali calon pekerja secara langsung, dengan harapan akan menemukan orang yang sama seperti yang tertulis dari hasil tes, CV, dan orang yang dicari serta dibutuhkan oleh perusahaan.

Ada banyak orang yang memiliki kemampuan yang lebih, nilai atau IPK yang tinggi, dan pengalaman kerja yang lebih mumpuni tapi tidak diterima di perusahaan. Hal ini diantaranya disebabkan oleh gagalnya orang tersebut pada tahap interview. Sehebat atau se pintar apapun kamu, apabila kamu tidak bisa menampilkan kesan yang baik pada saat interview, hal ini akan menjadi bumerang bagi kamu sendiri. Perhatikan beberapa tips berikut agar kamu sukses dalam melewati tahapan interview kerja di perusahaan impian.

1. Perhatikan Resume Yang Kamu Buat

Jangan pernah meremehkan sebuah resume atau surat pengantar, walaupun tahapan interview kerja merupakan tahapan yang memungkinkan kamu bertemu langsung dengan pihak perusahaan. Banyak orang berpikir bahwa resume ketika lolos ke tahap interview hanyalah sebatas formalitas bagi perusahaan. Namun anggapan ini salah besar mengingat dari resume, akan bisa dilihat susunan kata dan kalimat yang kamu gunakan untuk menulis resume. Dari sini perusahaan bisa melihat pola pikir paling awal dan menyimpulkan beberapa hal sebelum bertemu dengan sosok kamu yang sebenarnya. Sebab ketika kamu menunjukkan sikap yang berbeda ketika interview pun, pihak perusahaan juga akan kembali mempertanyakan sosok kamu yang sebenarnya, yaitu sosok yang ada di atas resume atau sosok yang sedang berakting di depannya.

Sebaiknya gunakan tutur bahasa yang sopan dan gaya bahasa yang menunjukkan kualifikasi kamu untuk memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan. Jangan lupa untuk menuliskan hal-hal yang nyambung dan seperlunya saja, artinya tidak berlebihan sehingga akan terlihat relevan dengan lowongan atau posisi yang kamu incar dalam perusahaan.

interview, tips kerja, melamar kerja,

2. Body Language

Interview kerja menjadi tahap paling penting sekaligus paling fatal dalam sebuah rangkaian seleksi kerja. Dalam tahap ini kepribadian kamu akan dikupas sedalam mungkin agar pihak perusahaan tidak salah memilih pekerja. Mereka sebagai pihak perusahaan tentunya juga tidak ingin menerima kucing di dalam karung, sehingga wajar saja jika mereka ingin mengupas kamu di tahap ini. Salah satu caranya adalah dengan menilai setiap gerak-gerik atau bahasa tubuh kamu. Setiap gerakan sepele, seperti lirikan, cara berjabat tangan, mengetuk pintu, dan memberi salam akan sangat menentukan kesan awal kamu terlebih dalam memperlihatkan sebuah kepedulian. Bahkan cara kamu ketika dihubungi lewat telepon bisa jadi merupakan separuh bagian dari tahapan wawancara yang akan dilakukan. Sehingga ketika melamar pekerjaan, usahakan untuk membiasakan diri bersikap baik dan menjalani pribadi yang baik.

3. Perhatikan Penampilan

Pilihlah style berpakaian yang rapi namun tidak berlebihan. Jika kamu seorang pria, cukup pilih pakaian yang bersih dan cukup wangi berupa celana kain, kemeja yang pas badan, dasi dan sepatu formal yang cocok. Kenakan dengan benar, artinya jangan menggulung bagian lengannya, atau mengendurkan bagian dasinya ketika tahapan interview dilakukan. Yang lebih fatal lagi, jangan kenakan jas pada tahap interview karena akan menampilkan kesan yang arogan.

interview, tips kerja, melamar kerja,

BACA JUGA:

Cara Menulis Resume Yang Baik Buat Kamu Yang Belum Pernah Kerja

Cara Mengundurkan Diri Yang Baik Dan Benar

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>