Don't miss

Tips Tingkatkan Kualitas Sperma Pria

By on October 2, 2013

3. Tips Tingkatkan Kualitas Sperma Pria 2

Sperma pada pria memiliki peranan yang sangat penting bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Penting rasanya bagi pasangan suami istri yang sudah lama menantikan kehadiran seorang anak untuk melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan kesehatan organ reproduksi tidak hanya difokuskan pada wanita saja, melainkan juga pada kualitas sperma yang dimiliki oleh pria.

Berikut ini ada informasi bermanfaat seputar tips atau cara meningkatkan kualitas sperma pada pria. Tips-tips ini juga akan memaparkan bagaimana caranya agar sperma menjadi lebih subur dan sehat.

1. Gaya hidup

Gaya hidup adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang . seseorang dapat mengalami kemunduran atau mungkin perbaikan kualitas hidup. Itu semua akan sangat bergantung pada gaya hidup yang dijalani. Salah satu gaya hidup yang dapat menurunkan kualitas kesehatan termasuk kualitas kesehatan sperma adalah mengkonsumsi minuman beralkohol.  Minuman beralkohol akan membawa dampak yang sangat signifikan pada jumlah dan pergerakan sperma.

Kemudian contoh gaya hidup lainnya yaitu pemilihan pakaian. Pakaian yang terlalu ketat dipercaya akan mempengaruhi suhu tubuh di sekitar organ reproduksi. Suhu di sekitar organ reproduksi yang terlalu panas  bisa menyebabkan berkurangnya sirkulasi sehingga kualitas dan reproduksi sperma akan menurun.

Mandi air hangat terlalu sering juga akan berdampak kurang baik untuk kualitas dan kesehatan sperma pada pria.

2. Makanan

Makanan menjadi faktor kedua yang paling penting untuk diperhatikan. Makanan cepat saji terbukti berbahaya bagi kemampuan reproduksi. Maka dari itu sebaiknya segera beralih pada makanan yang fresh dan organik yang bebas pestisida/ zat kimia. Beberapa zat yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kulaitas dan kesuburan sperma antara lain seng, kalsium, vitamin D, antioksidan, vitamin E, vitamin C, dan asam folat atau vitamin B kompleks. .

Contoh makanan yang kaya akan seng adalah kerang. Kandungan seng pada kerang mampu meningkatkan mood dan gairah seksual pada pria. Pria juga akan menjadi lebih romantic karena zat seng ini. Selain kerang, sumber seng lainnya adalah daging, kacang-kacangan, liver, kacang panjang, buncis, kapri, dan akar jahe.

Sementara itu, makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D adalah susu, yogurt, es kirm, sinar matahari di pagi hari, dan ikan salmon. Apa peranan vitamin D dan kalsium bagi pria? Sebuah hasil penelitian menunjukan bahwa kalsium dan vitamin D dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E ini berperan sebagai pelawan zat radikal bebas yang berpotensi merusak sperma. Maka dari itu, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang banyak akan kandungan zat antioksidannya agar kualitas sperma tetap terjaga. Vitamin E banyak terdapat pada brokoli, bayam, kiwi, tomat, mangga, almond, biji bunga matahari, dan selai kacang.

Asam folat atau vitamin B kompleks dapat meningkat jumlah sperma dan juga dapat meningkatkan fertilitas yang signifikan. Makanan yang banyak mengandung asam folat antara lain  kacang-kacangan, bayam, brokoli, asparagus, biji bunga matahri, sereal, jeruk bali, dan gandum.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>