Don't miss

Tanda-Tanda Kamu Terjebak di Pekerjaan yang Salah

By on December 9, 2013

Untuk mengetahui apakah kamu sudah berada pada posisi karir yang tepat, kamu tentu harus mengetahui berbagai tanda apakah kamu terjebak di pekerjaan yang salah. Pasalnya, ada berbagai alasan mengapa seorang pegawai menerima tawaran pekerjaan tertentu seperti gaji yang tinggi atau memang karena memiliki ketertarikan sendiri terhadap pekerjaan tersebut namun hal itu tidak menutup kemungkinan ada banyak pekerja yang tidak berhasil mendapatkan pekerjaan sesuai panggilan hati. Pemilihan karir yang tepat bisa membawa efek positif pada hidup kamu karena hal tersebut dapat membuat kamu bahagia dan sebaliknya, jika kamu terjebak dalam pekerjaan yang salah, hidup kamu pun akan terasa berat. Untuk mengetahui apakah kamu sudah menjalani karir yang tepat, berikut adalah berbagai tanda kamu terjebak di karir yang salah yang wajib kamu ketahui.

Mengeluh Secara Terus Menerus

Salah satu hal yang bisa menjadi tanda bahwa kamu terjebak di karir yang salah yaitu kamu terus mengeluh tidak peduli tugas apapun yang kamu terima di tempat kerja dan salah satu keluhan yang sering kamu lontarkan yaitu keluhan bahwa kamu tidak puas. Jika kamu terus mengeluh, bisa dipastikan bahwa kamu tidak merasa bahagia dengan pekerjaanmu dan kemungkinan besar pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan tepat untuk kamu.

Tidak Bangga Dengan Karir yang Dijalani

Satu lagi tanda bahwa pekerjaan yang kamu jalani tidak tepat untuk kamu yaitu kamu tidak merasa bangga dengan pekerjaan tersebut. Saat seseorang bertanya kepada kamu mengenai pekerjaan yang kamu jalani saat ini kemudian kamu tidak bersemangat untuk menceritakannya dan bahkan buru-buru untuk mengalihkan topik, bisa dipastikan pekerjaan yang kamu jalani saat ini bukanlah yang terbaik untuk kamu.

Tidak Ada Motivasi Untuk Berangkat Kerja

Pekerjaan yang sesuai passion akan membuat siapapun yang menjalaninya merasa bersemangat dan tidak sabar untuk segera mengerjakan tugas ketika bangun di pagi hari. Dengan kata lain, jika kamu tidak memiliki motivasi untuk berangkat kerja, bisa dipastikan bahwa saat ini kamu terjebak di pekerjaan yang salah. Kamu patut waspada akan kemungkinan tersebut jika kamu merasa malas dan merasa terpaksa untuk berangkat ke tempat kerja.

Tidak Melakukan yang Terbaik Dalam Bekerja

Setiap pekerja yang menyukai pekerjaannya biasanya akan melakukan berbagai cara supaya hasil pekerjaan yang dilakukan bagus. Namun begitu, jika kamu sama sekali tidak memiliki motivasi, seluruh potensi yang kamu miliki pun tidak akan terlihat.

Selalu Berjuang Untuk Melewati Hari

Pekerja yang tidak menyukai pekerjaannya akan selalu berjuang untuk melewati hari mereka di tempat kerja entah itu karena rekan kerja yang sulit bekerjasama, bos yang sedikit kurang pengertian, ataupun karena pekerjaan yang menumpuk. Akan tetapi, jika kamu menjalani karir yang tepat, hari-hari di tempat kerja bisa kamu lalui dengan bahagia. Sebaliknya, jika karir kamu tidak tepat, kamu akan merasa sedang berada di kamp penyiksaan dan tidak sabar untuk menunggu jam pulang saat kamu bekerja

Merasa Kurang Tertantang 

Tantangan dan motivasi untuk selalu melakukan pekerjaan yang lebih baik merupakan bagian menarik dari setiap pekerjaan. Dengan kata lain, jika kamu merasa bahwa pekerjaanmu sekarang kurang menantang, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk mencari tempat kerja baru yang membutuhkan ketrampilan yang kamu miliki.

Melakukan Pekerjaan Untuk Uang

Fakta membuktikan bahwa sebagian pekerja memilih gaji yang lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan yang mereka jalani. Pada dasarnya, hal tersebut boleh dilakukan, namun kamu tidak boleh melakukan hal yang serupa jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan keinginan hati kamu sendiri karena hati kamu tidak akan mengerjakan pekerjaan tersebut dengan maksimal dan sebagai akibatnya, karir kamu bisa mandek. Di lain sisi, jika kamu suka pekerjaan tertentu namun gajinya kecil, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan.

Minat dan Ketrampilan Tidak Sesuai

Tidak diragukan lagi, setiap orang mempunyai minat dan ketrampilan yang ideal untuk pekerjaan tertentu dan hal tersebut adalah sesuatu yang harus kamu perhatikan dalam mencari kerja. Pasalnya, jika kamu menjalani pekerjaan yang sesuai dengan minat serta ketrampilan kamu, kamu akan merasa bahagia dan bangga dengan pekerjaan tersebut. Untuk itu, penting bagi kamu untuk melihat apakah minat dan ketrampilan kamu sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu geluti saat ini.

Sering Merasa Iri Dengan Pekerja Lain

Satu hal lain yang menandakan bahwa kamu sedang terjebak dalam pekerjaan yang salah yaitu kamu sering merasa iri pada orang lain serta merasa tidak percaya diri karena hal tersebut. Jika hal tersebut terjadi pada kamu, maka hal terbaik yang bisa kamu lakukan bukanlah menggerutu, namun berusaha mengubah jalan hidup kamu dengan mencari pekerjaan lain. Singkat kata, jika kamu adalah seorang pekerja dan kamu ingin tahu apakah pekerjaan yang kamu geluti cocok untuk kamu, kamu wajib mengetahui tanda-tanda kamu terjebak di pekerjaan yang salah.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>