Don't miss

Sikap Suami jika Istri Sukses

By on September 12, 2013

Semua wanita tentu akan senang dan bangga jika memiliki suami yang sukses dan mampu menghasilkan banyak uang untuk keluarga. Namun, jika istri yang sukses, bagaimana sikap sang suami? Ternyata banyak pria yang justru tidak senang ketika sang istri lah yang sukses. Para pria ini merasa minder dan tersaingi oleh keberhasilan istrinya. Memang banyak yang mengakui bahwa para pria ini harga dirinya terusik jika istrinya sukses.

Memandang Rendah Diri Sendiri

Sebenarnya, tanpa sadar, para pria ini memandang buruk pada dirinya sendiri. Meskipun saat dirinya sedang tidak sedang berkompetisi dengan pasangannya, para pria ini cenderung merasa terancam dengan keberhasilan istrinya. Sebagai contoh, dalam usaha menurunkan berat badan. Jika sang istri sudah berhasil terlebih dahulu, si suami bisanya akan merasa dirinya gagal dan merasa harga dirinya terusik. Padahal, mereka sedang tidak berkompetisi.

Hal serupa bisa juga berlaku pada pekerjaan dan juga besaran penghasilan. Sebuah penelitian dilakukan di Amerika Serikat dan Belanda oleh Kafe Ratliff, PhD dari Universitas California. Studi ini menunjukkan bahwa sebagian pria memang akan merasa dirinya terganggu wibawanya jika sang istri lebih unggul atau lebih sukses dari dirinya., bahkan, kasus-kasus seperti ini bisa ditemui di negara manapun termasuk di Indonesia.

Penyebab Pria Tak Suka Istri Sukses

Umumnya, laki-laki dengan pandangan seperti ini cenderung masih memiliki maskulinitas tradisional yang membawa mereka pada pandangan bahwa laki-laki harus selalu berada di atas wanita. Padahal, tak selamanya harus dalam posisi seperti ini. Selain itu, faktor lain menunjukkan bahwa pria memang sudah dari sananya memiliki sifat kompetitif. Pria selalu ingin lebih unggul dari pada orang-orang disekitarnya. Ada juga yang mengungkapkan bahwa pria selalu ingin unggul agar pasangannya selalu merasa membutuhkannya. Di lain pihak, wanita pun sebenarnya ada juga yang merasa bahwa mereka cenderung lebih nyaman jika si pria memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi darinya. Meskipun demikian, semua hal ini dipengaruhi oleh faktor budaya dan juga pola lingkungan tempat tinggal mereka sejak kecil.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>