Don't miss

Lakukan Hal Ini Jika Pekerjaan Tidak Sesuai Passion

By on October 31, 2013

Sebagai seseorang yang baru saja lulus kuliah, banyak orang cenderung menerima tiap tawaran pekerjaan yang ada. Alasan utamanya biasanya adalah untuk mencari pengalaman kerja. Namun, tidak jarang setelah beberapa bulan menjalani pekerjaan, ternyata banyak orang yang tidak menyukai pekerjaan yang sudah terlanjur mereka pilih. Lalu, apa yang harus dilakukan jika pekerjaan tidak sesuai passion atau minat kamu?

Batasi Curhat Pada Rekan Kerja

Kalau kamu merasa tidak suka dengan bidang pekerjaan yang kamu jalani saat ini, jangan langsung mengumbar perasaan jenuh atau tida suka kamu pada setiap rekan kerja di kantor. Bahkan, pada sahabat atau orang yang kamu anggap bisa dipercaya sekalipun sebaiknya jangan dilakukan. Batasi curhat kamu hanya pada keluarga atau sahabat kamu di luar kantor.

Jangan sampai kamu membuat kesalahan dengan mem-posting ketidaksukaan kamu terhadap kantor atau atasan di media sosial. Ingat, kamu tidak pernah tahu siapa saja yang akan membaca postingan kamu tersebut. Bisa saja postingan itu dibaca oleh atasan kamu yang sekarang atau calon atasan kamu di masa mendatang.

 

Mulai Mencari Lowongan Kerja

Walaupun pekerjaan tidak sesuai passion kamu, untuk saat ini tetap lakukan tugas yang diberikan oleh atasan dengan semangat. kamu sebaiknya juga jangan berhenti bekerja sampai kamu mendapat kepastian diterima bekerja di tempat lain. Lebih mudah mendapat pekerjaan ketika kamu masih bekerja.

Di sela-sela kesibukan Kamu, mulailah mencari informasi tentang lowongan pekerjaan di tempat lain dan mengirimkan lamaran kerja. Perbaharui CV dan profil kamu di Linkedin. Hapus hal-hal di akun media  sosial yang dapatmembuat kamu terlihat tidak profesional

 

Lebih Teliti Memilih Pekerjaan Berikutnya

Tidak semua orang beruntung dapat memperoleh pekerjaan yang langsung sesuai dengan kata hati dan minat. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan terhindar dari pekerjaan tidak sesuai passion, baca uraian pekerjaan dengan lebih teliti . kamu bisa melihat job description dari pekerjaan baru tersebut sehingga kamu bisa memperkirakan apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak.

Ingat, jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama sampai dua kali. kamu bisa mengumpulkan informasi baik dari situs perusahaan, teman, atau internet tentang perusahaan yang sedang kamu incar sebelum mengirim surat lamaran.

Mengundurkan Diri Secara Bijak

Setelah kamu dipastiakn diterima di tempat kerja yang baru, segera ajukan surat pengunduran diri. Pengajuan surat tersebut minimal 2 minggu sebelum hari terakhir kamu bekerja. Buat surat pengunduran diri kamu dengan singkat. Jangan menyebarkan cerita-cerita buruk tentang keluhan kamu terhadap perusahaan atau atasan yang tidak menyenangkan. Agar mendapat surat referensi yang bagus untuk bekerja di tempat baru, bekerjalah dengan lebih giat setelah mengajukan pengunduran diri.

 Businessman Holding Head in Hands

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>