Don't miss

Jangan Mengeluh Soal Pekerjaan

By on November 11, 2013

Kamu mungkin mempunyai bakat di bidang tertentu dan kamu memutuskan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat kamu. Kamu mungkin juga mempunyai latar belakang pendidikan tertentu dan kamu memutuskan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu. Akan jauh lebih baik jika pekerjaan yang kamu miliki mempunyai gaji yang besar dengan posisi yang baik di mata masyarakat.

Kamu mungkin menganggap bahwa pekerjaan kamu saat ini merupakan pekerjaan yang paling sempurna di dunia. Beberapa orang merasa sangat bersyukur dengan pekerjaan yang mereka miliki saat ini karena mendapatkan pekerjaan dengan kualifikasi tertentu saat ini memang tidak mudah. Namun, bekerja pada perusahaan yang dimiliki orang lain membuat kamu tidak bisa bebas dari beragam bermasalahan. Banyak orang yang harus menghadapi situasi yang kurang mengenakkan di tempat kerja.

Banyak orang yang mengalami hal ini di tempat mereka bekerja saat ini. Namun, kebayakan dari mereka tidak mempunyai keberanian untuk menyatakan perasaan yang tidak mengenakkan ini kepada atasan sehingga tidak ada wujud perubahan yang kamu inginkan. Dari awal yang semacam ini, ada banyak karyawan yang mulai mempunyai perilaku sering mengeluh soal pekerjaan.

Namun, kamu harus ingat bahwa mengeluh mengenai pekerjaan pasti tidak ada habisnya karena ada banyak hal yang bisa kamu lihat kekurangannya di tempat kerja kamu saat ini. Kamu mungkin merasa mendapatkan gaji yang tidak begitu tinggi walaupun kamu harus bekerja mati-matian untuk menyelesaikan pekerjaan yang seakan tak ada habisnya. Kamu harus menyadari bahwa selama kamu bekerja untuk orang lain, ada aturan yang ditetapkan oleh atasan dan tidak harus didiskusikan terlebih dahulu dengan seluruh lapisan karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut.

Akan tetapi, kamu tidak boleh ragu untuk segera berkonsultasi dengan atasan saat kamu memiliki masalah genting yang berhubungan dengan pekerjaan. Perlu kamu ingat bahwa keluhan sekecil apa pun lama-lama akan menjadi keluhan yang besar jika hanya terus-menerus diungkit-ungkit tanpa mencair penyelesaiannya. Daripada terlalu banyak mengeluh soal pekerjaan, sebaiknya kamu mencoba berpikiran positif misalnya saat kamu merasa mempunyai beban pekerjaan yang lebih banyak dari rekan kerja lain karena hal ini berarti perusahaan lebih percaya pada kemampuanmu dibandingkan dengan karyawan lain. Kamu bisa menyesuaikan diri dengan datang ke kantor lebih awal atau paling tidak tepat waktu sehingga kamu pun bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu pula.

Kebiasaan mengeluh soal pekerjaan juga sebaiknya kamu kurangi karena pada kenyatannya 20% orang tidak akan peduli mengenai kesulitan yang Anda alami dan sisanya justru merasa bahagia karena hidup kamu lebih sulit dari mereka. Kamu juga perlu menumbuhkan rasa cinta dan kebahagiaan terhadap pekerjaan dengan cara mengurangi lembur. Kamu harus bekerja saat waktunya bekerja dan kamu juga berhak untuk menikmati hidup setelah waktu kerja selesai.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>