Don't miss

Dimanfaatkan oleh Rekan Kerja? Ini Dia Tanda-Tandanya

By on October 14, 2013

Tentu sudah menjadi hal yang biasa menemui suasana kantor yang kurang menyenangkan. Persaingan kerja dengan rekan kerja serta kurang baiknya kerjasama dengan rekan kerja hanyalah salah satu penyebab kurang nyamannya suasana di kantor. Selain contoh lainnya yang membuat kesal di kantor adalah seringnya kebaikan kamu dimanfaatkan oleh rekan kantor kamu sendiri. Nah, lantas apa saja tanda bahwa kamu sedang dimanfaatkan oleh rekan-rekan kerja kamu di kantor? Berikut ini adalah informasinya.

1. Selalu menjadi andalan

Jika perusahaan menjadikan kamu sebagai andalannya, itu adalah hal yang postif bagi kamu. Bahkan ini bisa menjadi awal prestasi yang baik untuk kamu. Akan lain tentunya jika rekan-rekan kerja di kantor yang mengandalkanmu. Ini namanya kamu sedang dimanfaatkan oleh rekan-rekan kantor saja. Karena seringnya kamu menjadi andalan perusahaan, banyak rekan-rekan kerja kamu yang kemudian memanfaatkan situasi ini. Banyak diantara mereka yang kemudian menyuruh kamu mengerjakan pekerjaan yang bukan kewajiban kamu dan bahkan pekerjaan itu tak sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Kecuali jika memang meminta bantuan kamu untuk menyelesaikannya. Biasanya jika hanya membantu saja, besarnya porsi pekerjaan yang kamu dan rekan kerja kamu kerjakan sama besarnya.

2. Banyak rekan kantor yang merayu kamu

Perlu dicurigai ketika rekan-rekan kerja kamu memuji pekerjaan kamu yang excelent. Karena bisa jadi pujian-pujian ini hanya taktik mereka saja agar kamu mau mengerjakan pekerjaan mereka. Tanda-tanda pujian yang menjurus pada tipu daya adalah setelah memuji dan member semangat, tak lama kemudian mereka menugasi kamu dengan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh rekan kerja kamu. Tentu ini adalah hal yang aneh. Seharusnya kamu hanya mendapat perintah mengerjakan tugas dari bos saja, bukan dari sesama staffkantor. Jadi kesimpulannya adalah pujian yang kamu terima hanyalah rayuan saja.

3. Meremehkan dan menginjak-injak kamu

Poin yang satu ini adalah tanda utama bahwa kamu sedang dimanfaatkan oleh rekan kerja kamu di kantor. Saat ia membutuhkan, ia akan datang merayu dan memintamu mengerjakan tugas-tugas kantor. Sebaliknya, saat ia tidak membutuhkanmu, ia tidak akan peduli dengan kamu. Saat kamu membutuhkan bantuan, ia tidak sigap membantumu. Bahkan cenderung akan mengulur-ulur waktu. Jika sudah mengalami situasi ini berarti rekan kerja kamu sedang menginjak-injak kamu.

4. Seringnya kamu diberi tugas yang tak sesuai dengan job desk

Hati-hati jika kamu tiba-tiba mendapatkan tugas yang tidak sesuai dengan job desk kamu. Bisa jadi kamu sedang dimanfaatkan oleh rekan kerja kamu. Jika kamu mendapatkan perlakuan seperti ini setiap hari, tak ada salahnya jika kamu berani bertanya soal maksud tambahan tugas yang sebenarnya adalah di luar kewajiban kamu.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>