Don't miss

Dibanding Karyawan Manager Lebih Sering Berbohong

By on October 3, 2013

Dalam sebuah perusahaan, manager atau atasan sudah barang tentu harus menjadi contoh untuk setiap karyawannya. Biar begitu, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan sebaliknya dimana ada banyak manager yang terbukti memiliki strategi berbohong setelah diketahui 1 dari 3 manager mengakui bahwa mereka hampir selalu berbohong paling tidak sekali dalam sehari ketika bekerja. Sebuah laporan dari CMI atau Chartered Management Institute menunjukkan bahwa manager lebih sering berbohong dibandingkan staff junior Di kalangan staff junior sendiri, hanya ada sekitar 25% yang diketahui sering berbohong ketika sedang bekerja.

Alasan mengapa manager lebih sering berbohong sendiri adalah karena manager takut kehilangan jabatan yang saat ini dimilikinya. Bukan itu saja, sebuah survey yang dilakukan pada sekitar 2000 manager dan staff menunjukkan bahwa 35% manager mengaku berbohong setiap harinya dan bahkan 30% manager mengaku bahwa mereka tidak menaati aturan pekerjaan dan bahkan membolos. Sebaliknya, hanya ada sekitar 13% staff junior yang melakukan keburukan serupa. Parahnya lagi, banyak manager yang berpotensi berbohong demi mendapatkan kenaikan jabatan.

Professor Cary Cooper dari Lancaster University Management School mengatakan bahwa para manager sering merasa tidak aman dalam mempertahankan jabatan yang mereka miliki saat ini. Untuk itu, sebisa mungkin mereka tidak ingin kehilangan jabatan tersebut dan berbohong adalah salah satu cara yang mereka lakukan untuk mempertahankan jabatan tersebut. Cooper juga menambahkan bahwa untuk sebagian orang, berbohong dilakukan untuk mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan. Sementara itu, kebanyakan orang berbohong untuk mempertahankan jabatan mereka.

Satu hal yang membuat ironis yaitu kenyataan bahwa kebohongan yang dilakukan manager, meski dapat menyelamatkan diri mereka sendiri, seringkali merugikan bawahan bahkan perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini dikarenakan sebagian manager melakukan kebohongan dan melanggar kontrak kerja yang dimiliki oleh bawahan mereka dan perbuatan ini tentu bisa sangat merugikan bagi bawahan. Sementara itu, beberapa manager juga melakukan kebohongan dengan cara memberikan penjelasan yang menyesatkan mengenai kemajuan pekerjaan yang ditugaskan oleh atasan lain yang lebih tinggi jabatannya dan hal ini tidak hanya berdampak pada bawahan, namun juga perusahaan.

Chief executive dari CMI, Ann Francke, mengatakan bahwa ketika berbicara mengenai integritas, kuncinya adalah memimpin dengan cara memberikan contoh yang baik kepada setiap bawahan yang mereka pimpin. Beliau juga mengatakan bahwa sebagai seorang manager, seseorang sudah semestinya fokus pada prinsip managerial dan bukannya keuntungan pribadi mereka sendiri. Menyangkut fakta bahwa manager lebih sering berbohong daripada karyawan, Ann juga menyebutkan bahwa berbohong demi kepentingan pribadi adalah sesuatu yang tidak etis untuk dilakukan mengingat hal tersebut bukan hanya bertantangan dengan nilai moral, namun juga dapat merugikan pihak-pihak lain.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>