Don't miss

Saat Rumah Tangga Terancam Bubar, Bagaimana Solusinya?

By on January 16, 2014

rumah tangga, suami istri, pasangan, tips keluarga, gaya hidup

Rumah tangga tak akan jauh dari masalah. Hal ini tentu kamu semua pasti sudah memakluminya. Tak ada rumah tangga yang tak didera masalah, baik masalah ekonomi, prinsip, ataupun orang ketiga. Jika masing-masing tetap mempertahankan pendapatnya sendiri, tak akan ada penyelesaian yang baik. Masalah-masalah kecil bisa menjadi besar kalau tak segera diselesaikan. Kemauan masing-masing pasangan untuk menahan ego perlu ditingkatkan.

Pernikahan adalah sebuah komitmen, janji sehidup semati dalam suka maupun duka. Namun seiring berjalannya waktu, manusia bisa saja berubah, termasuk pasangan kamu. Perubahan-perubahan yang tidak diinginkan kadang menjadi sumber pertengkaran antara suami istri. Misalnya suami jadi sering pulang malam karena ritme kerja yang berubah. Atau istri yang berubah menjadi konsumtif dan boros saat pendapatan suami meningkat. Jika masalah didiamkan berlarut-larut, tentu akan sangat membahayakan bagi pasangan suami istri.

Beberapa tanda sebuah pernikahan tengah mengalami masalah bisa diperhatikan dan dirasakan. Salah satunya jika masing-masing telah kehilangan rasa hormat pada pasangan. Ketidakpedulian pada pasangan, perasaannya dan kemauannya akan menjadi masalah besar. Terserah kamu! Mungkin itu kata-kata yang paling sering dilontarkan pasangan. Jika hal ini terjadi dan berulang, berhati-hatilah karena rumah tangga sedang dalam masalah.

rumah tangga, suami istri, pasangan, tips keluarga, gaya hidup

Problem yang didiamkan tanpa penyelesaian yang jelas juga bisa menjadi indikasi rumah tangga yang bermasalah. Meskipun masalah kecil dan kadang dianggap sepele, namun jika terus-menerus didiamkan akan menumpuk. Rasa ego kadang tumbuh terlalu besar menghalangi perasaan dan rasionalitas. Pasangan suami istri kadang lupa bahwa mereka tetap dua kepala dengan dua pikiran yang berbeda. Setiap masalah memerlukan diskusi untuk menyelesaikannya. Komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam membina hubungan rumah tangga.

Saat salah satu dari pasangan sudah tidak mau mendengarkan pasangannya, maka bencanalah yang akan terjadi. Komunikasi yang baik adalah dengan lebih banyak mendengarkan. Setelah mendengarkan apa yang diinginkan atau harapan pasangan, barulah berbicara mengenai apa yang kamu harapkan. Jika masalah-masalah di atas semakin meruncing, akibatnya bisa fatal. Bercerai mungkin adalah jalan yang banyak dipilih oleh pasangan rumah tangga. Namun jangan sampai hal tersebut terjadi.

Jika kamu masih ingin mempertahankan biduk rumah tangga bersama pasangan, mulailah berkaca. Tak ada yang terlambat untuk dilakukan demi sesuatu yang lebih baik. Kurangi rasa ego karena dalam sebuah rumah tangga tak hanya ada kamu, tapi juga pasanganmu. Ego yang terlalu tinggi tak pernah baik dalam hal apapun, termasuk dalam urusan rumah tangga. Menjadi pemaaf akan lebih bijaksana untuk dilakukan karena manusia tak pernah lepas dari kesalahan.

Berusaha untuk lebih memahami pasangan adalah cara terbaik, saling memberi solusi setiap terjadi masalah. Masalah yang tak disampaikan akan menumpuk dan semakin susah mencari solusinya. Hubungan rumah tangga yang renggang mungkin juga disebabkan karena kebosanan pada rutinitas sehari-hari. Cobalah luangkan waktu melakukan kegiatan berdua, sekedar jalan-jalan atau liburan bisa membuat cinta kembali hangat.

rumah tangga, suami istri, pasangan, tips keluarga, gaya hidup

BACA JUGA:

Cara Menerima Hadiah Yang Tidak Sesuai Selera

Penyebab Kegagalan Kamu Dalam Hubungan Jarak Jauh

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>