Don't miss

Obesitas Ada Hubungannya dengan Sulit Diterima Bekerja, Benarkah?

By on August 17, 2013

mid section view of a man sitting on a bench in a park

Kalau melihat para akademisi dan penelilti di luar negeri sana, kadang-kadang Anda sering geli melihatnya. Bagaimana tidak, apa  yang mereka teliti biasanya sering mengejutkan dan unik, bahkan tak jarang kalau Anda belum pernah memikirkan hal ini sebelumnya. Seperti salah satu penelitian terbaru dari Bowling Green State University yang satu ini. Mungkin banyak yang meneliti relasi antara berat badan berlebih atau obesitas dengan tingkat kanker, stroke atau bahkan kematian. Namun uniknya, dalam penelitian mereka yang satu ini mereka menghubungkan antara tingkat obesitas dengan kesempatan diterima dalam suatu posisi di kantor alias menjadi seorang karyawan dalam suatu instansi.

Bukti Penelitian

Mungkin kedengarannya sangat tidak adil dan sangat diskriminatif jika menolak seseorang yang melamar pekerjaan hanya berdasarkan penampilan fisik saja. Namun pada kenyataanya, hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti yang salah satunya bernama Jacob Burmeister ini sungguh mengejutkan. Penampilan ternyata menjadi salah satu tolak ukur penting dalam pandangan suatu perusahaan mengenai diterima atau tidaknya seseorang untuk bekerja. Nyatanya, perusahaan sangat kritis terhadap mereka yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas. Menurut banyak perusahaan, mereka yang obesitas memiliki jiwa pemalas dan kurang disiplin dibanding mereka yang memiliki berat badan normal maupun kurus. Penelitian ini juga menghasilkan prosentase yang cukup mengejutkan. Yakni hanya sebesar 27% saja orang obesitas yang kemungkinan diterima bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan bonafide.

Tentukan Pilihan Anda

Dengan adanya penelitian ini, sudah sangat jelas bukan bahwa obesitas merupakan pilihan hidup yang harus Anda hindari. Selain jelas-jelas akan mengancam kehidupan Anda dari segi kesehatan, nyatanya obesitas juga mengurangi kesempatan Anda memperoleh pekerjaan yang Anda idam-idamkan. Obesitas merupakan suatu bentuk fisik yang tak hanya merugikan namun juga dipandang lebih sepele di mata orang lain, terutama mereka yang memiliki wewenang dalam suatu perusahaan. Bahkan salah seorang perempuan mengaku pada tim peneliti ini bahwa dari 350 lamaran yang ia kirimkan, hanya ada 125 perusahaan yang merespon. Ironisnya, tak ada satupun yang menerima ia bekerja sebagai salah satu karyawannya.

African American businessman eating donut at desk

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>