Menetapkan Skala Prioritas dalam Bekerja

By on May 15, 2013

Menetapkan-Skala-Prioritas-dalam-Bekerja-1

Bekerja Lebih Efektif dan Produktif

Pernahkah dari kamu yang merasakan pada saat jam kerja berlangsung dan menunjukkan pukul 11 pada saat menjelang waktunya makan siang, namun kamu belum sempat dalam menyelesaikan satu pun pekerjaan? Kamu memang seorang yang sibuk, namun sibuk saja bukan berarti kamu adalah orang yang produktif. Jika kamu terbiasa dan sering menghabiskan waktu selama satu jam namun tanpa menghasilkan sesuatu hal, sebaiknya ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan untuk memanajemen waktu sehingga nantinya kamu akan bisa bekerja dengan lebih efektif.

Menyusun Rencana

Pertama adalah dengan menyusun rencana. Dengan kamu membuat rencana untuk melakukan hal apa saja dalam satu hari maka rencana tersebut dapat memberikan sebuah peta yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk beraktifitas pada hari itu. Sebaiknya alokasikanlah sedikit waktu kamu untuk menyusun berbagai macam rencana yang akan kamu lakukan dan mengelompokkan tugas atau pekerjaan yang sesuai dan juga berikanlah prioritas serta berikanlah waktu pengerjaannya.

Kamu bisa menyusun rencana tersebut pada pagi hari atau pun di hari sebelumnya, buatlah catatan kecil sekedar untuk mengingatkan kamu nantinya dari rencana yang telah kamu buat sebelumnya. Rencana ini tidaklah bersifat kaku atau selalu terbuka kapanpun dan jangan lupa untuk selalu menyisipkan waktu istirahat yang cukup dalam rencana kegiatan kamu, waktu istirahat ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suntuk di kantor karena terlalu keras bekerja. Intinya adalah kamu melakukan manajemen diri bagi diri kamu sendiri dan belajar dalam mengelola waktu yang memang sangat baik untuk melatih disiplin diri.

Tetap Fokus

Menetapkan-Skala-Prioritas-dalam-Bekerja-2

Hal kedua adalah dengan fokus. Seringkali memang dalam melakukan pekerjaan, kita membiarkan diri kita untuk larut di dalam beberapa pekerjaan yang sekaligus, atau lebih kita kenal dengan istilah multi-tasking. Mungkin dari kamu pernah ada yang mencoba menyenangkan hati bos dengan mengiyakan dari semua permintaanya, namun tanpa kamu sadari sebelumnya bahwa kamu sebenarnya justru membebani dari diri kamu pada stress dan juga hasil yang kamu kerjakan tersebut bagus.

Intinya, mengerjakan dua hal sekaligus pada saat yang bersamaan memang bukan saja membagi perhatian kamu menjadi kurang fokus, hal lainnya akan membuat pekerjaan tersebut selesai dengan waktu yang lama. Fokus di dalam bekerja akan membuat kita menjadi lebih produktif serta dapat mengurangi beban stress. Sebaiknya buatlah skala prioritas jika kamu memang harus menyelesaikan dari beberapa pekerjaan yang sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Hindarilah Interupsi

Ketiga yang perlu kamu perhatikan dalam menetapkan skala prioritas dalam bekerja adalah hindarilah interupsi. Dua hal yang penting di dalam dunia kerja pada saat ini yang seringkali menjadi sumber dari interupsi yaitu email dan juga telepon. Tentu saja interupsi ini memang tidak dapat kamu hindari, namun kamu tetap bisa menggunakan keahlian yang baik dalam memanajemen diri dalam menanganinya. Pertama adalah dengan menjawab telepon dari orang yang memang berkepentingan saja pada saat kamu sedang fokus dalam bekerja.

Jika kamu memang harus terpaksa menjawab, sebaiknya usahakanlah waktu kamu dengan seminimal mungkin dan katakanlah kamu akan menelpon balik pada saat kamu sudah sedikit bebas. Kedua pada saat mengecek email yang sebaiknya kamu lakukan pada saat tertentu saja. Memang hal satu ini sangat berat, namun jika memang tidak memungkinkan kamu lakukan, sebaiknya segeralah dalam menjawab email pada saat email itu datang.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>