Don't miss

Kuliah Tidak Menjamin Kamu Mendapatkan Gaji Yang Tinggi

By on February 19, 2014

Graduate-Holding-Empty-Piggy-Bank.jpg ve=1&tl=1

Masih banyak lulusan baru dari berbagai Universitas bergengsi berserta orang tua mereka yang  belum menyadari bahwa titel pendidikan dari universitas bergengsi tidak selamanya memudahkan langkah mereka untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.Telah banyak kenyataan yang menunjukan seseorang berakhir dengan menjalani profesi yang berseberangan dengan jurusan yang mereka pilih saat kuliah.

Kondisi seperti ini memang tidak terjadi pada mereka yang telah memilih jurusan kedokteran, psikolog maupun arsitek.Tetapi lebih banyak terjadi pada lulusan Humas, Manajemen, Sekretaris, Sastra dan berbagai jurusan lain. Banyak perempuan yang semasa kuliahnya mempelajari ilmu sekretaris tetapi saat bekerja malah menjadi seorang penjual produk asuransi. Contoh lainnya adalah  ketika mahasiswi Humas yang ternyata menjalani profesi Customer Service di perusahaan perbankan ketika dia lulus dari kuliahnya.

Menghitung dan membandingkan usaha serta uang yang telah dikeluarkan semasa sekolah dengan gaji yang nantinya diperoleh adalah sebuah kesalahan yang sering saya lihat pada banyak mahasiswa setelah mereka lulus dari kuliah. Penyesalan mereka bermula ketika uang dijadikan sebagai tolak ukur. Tetapi mereka melupakan kenyataan  bahwa jika dinilai secara kualitas pemikiran dan perilaku maka mereka lebih unggul dari yang lainnya. Tetapi sayangnya, karena ambisi akan uang, hal-hal seperti itu yang tidak bisa dinilai dengan materi akhirnya terlewatkan oleh mereka, kata Thomas G. Plante, Ph.D., ABPP yang merupakan seorang Psikolog.

Thomas yang juga seorang penulis buku berjudul Do the Right Thing, menjelaskan manfaat sesungguhnya dari pendidikan tingkat lanjut adalah untuk mengembangkan pola pikir manusia, Hal inilah yang membedakan antara orang yang mempunyai pendidikan tinggi dan yang tidak. Mereka yang telah mengenyam pendidikan sampai tingkat universitas pada umumnya berpikir lebih kritis dan berpengetahuan luas sehingga mampu memecahkan konflik secara lebih bijak dan tentu memiliki keinginan belajar yang lebih tinggi.

Sebelum menyekolahkan anak mereka ke jenjang universitas maka sebaiknya orang tua harus terlebih dahulu menerima risiko bahwa kelak jika anaknya lulus, mereka harus mau bekerja dari level paling bawah dengan gaji yang seadanya. Tetapi meskipun demikian, menurut Thomas, umumnya mereka yang lulus dari universitas dan sekolah tinggi memiliki pembekalan semangat yang masif dalam memajukan karier,  sehingga mereka mampu mencapai posisi puncak.

Saya selalu menegaskan pada murid saya untuk mengenali minat yang mereka sukai. Menekuni hal yang kamu suka akan membuat sekolah dan dunia kerja terasa seperti taman bermain bagimu. Stop mengukur penghasilan dan berhenti berharap mendapatkan gaji besar tanpa pengalaman kerja yang cukup. Saya terus mengatakan bahwa hidup ini lebih dari sekadar memiliki penghasilan yang besart tetapi juga lebih kepada bagaimana pendidikan membentuk kepribadian, kata Thoma yang juga seorang dosen di Santa Clara University dan Stanford University

 college-money-bills

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>