Don't miss

Kenapa Wanita karir Cepat Merasa Stress?

By on February 22, 2014

r-WOMAN-START-UP-large570

Apakah kamu adalah seorang wanita karir yang selalu sibuk? Seorang wanita memang mempunyai kelebihan dapat menjalani kehidupan dengan dua pekerjaan utama yang berbeda Selain menjadi ibu rumah tangga dan istri yang baik, seorang wanita juga bisa tetap bekerja sebagai wanita karir. Dua pekerjaan ini memang sering kali menyita waktu kamu dan tentu saja membuat kamu stress.

Shira Offer dari Department of Sociology and Anthropology di Bar-Ilan University, Israel tertarik untuk melihat hal itu lebih dalam dan melakukan beberapa penelitian.Ternyata dari penelitan tersebut diketahui bahwa tingkat stres istri dan suami yang bekerja ternyata berbeda satu sama lain. Seorang ibu rumah tangga yang sekaligus berprofesi sebagai wanita karir memiliki tingkat stress yang lebih tinggi daripada sang pria yang telah menjadi suami.

Para istri yang bekerja akan memikirkan dan menghawatirkan segala masalah keluarga sehingga akhirnya akan menumbuhkan emosi negatif yang membesar pada dirinya. Hal ini tentu sudah biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani. Salah satu contohnya adalah ketika sang ibu tidak mendapat kabar dari anaknnya maka dia akan menjadi cepat panik. Prilaku tersebut muncul karena seorang ibu mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap perawatan anak serta kehidupan rumah tanggannya.

Penelitian yang dilakukan Shira ini mengamati sebanyak 402 istri dan 291 suami pada keluarga tertentu yang keduannya, baik istri maupun suami mempunyai pekerjaaan. Para peneliti mengukur tingkat emosi mereka dengan waktu yang bersamaan. Dari penelitian itu didapatkan sebuah hasil bahwa ternyata seorang istri atau ibu rumah tangga lebih cepat stress memikirkan masalah keluarga dibandingkan dengan sang suami.

Perbedaan ini terlihat dari tingkat stress seorang istri dan suami yang bekerja. Rata-rata mereka merasakan stress selama 29 dan 24 jam setiap minggunya. Para suami istri sendiri menghabiskan 30 persen dari waktu mereka hanya untuk memikirkan masalah keluarga yang mereka alami. Para peneliti juga menemukan bahwa para istri lebih terpengaruh secara negatif dengan masalah rumah tangga yang di alami oleh keduanya dibandingkan dengan seorang suami.

Nah sekarang kamu sudah taukan kenapa para istri atau ibu rumah tangga yang berpropesi sebagai wanita karir lebih cepat stress dalam menghadapi masalah rumah tangga? Mungkin kamu bisa mulai banyak melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan supaya bisa menghindari hal ini. Atau kamupun bisa memulai melatih diri kamu untuk berpikir lebih positif.

Menjadi seorang wanita karir sekaligus ibu rumah tangga memang tidak mudah. Tekanan dari kantor dan masalah yang dihadapi dalam rumah tangga akan membuatmu cepat stress. Tetapi hal itu mungkin bisa kamu hadapi dan selesaikan dengan berpikiran positif serta saling berkomunikasi dengan suami.

 Tips Untuk Yang Baru Masuk Ke Dunia Kerja

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>