Don't miss

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Negosiasi Gaji

By on January 17, 2014

gaji, negosiasi gaji, tips kerja, gaya hidup

Ketika saat akan melakukan wawancara kerja, hal pertama yang biasanya orang ragu atau cemas dalam menjawabnya adalah soal gaji. Baik bagi yang sudah berpengalaman maupun yang belum, gaji menentukan lulus atau tidaknya dalam wawancara. Pertanyaan yang menjebak bisa membawamu ke jawaban yang salah tentang penilaian dirimu. Terutama untuk yang masih freshgraduate.

Perusahaan juga tidak akan memberikan begitu saja gaji yang Kamu minta. Mereka pastinya memerlukan beberapa pertimbangan. Apalagi untuk yang masih freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Sehingga perusahaan suka memberikan pertanyaan yang menjebak agar dapat mengetahui gaji berapa yang layak diberikan. Oleh karena itu ada beberapa trik atau tips yang dapat Kamu lakukan saat menegosiasikan gaji.

Ada banyak info untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat saat menegosiasikan gaji. Baik yang ingin mengajukan kenaikan gaji maupun yang akan melakukan wawancara kerja. Namun berikut ini akan dibahas secara garis besar kesalahan apa saja yang banyak dilakukan. Dengan begitu Kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar bisa mendapatkan gaji yang Kamu harapkan.

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan oleh para pelamar saat bernegosiasi gaji adalah menerima begitu saja jumlah gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. Fakta membuktikan bahwa kesalahan ini sering dilakukan oleh para freshgraduate dan juga para kaum wanita. Penyebab dari hal ini adalah bisa jadi karena mereka belum mengetahui proses negosiasi gaji yang baik. Dan bisa juga dikarenakan mereka enggan untuk berdebat masalah gaji.

gaji, negosiasi gaji, tips kerja, gaya hidup

Namun yang perlu Kamu ketahui adalah jika mendapatkan gaji yang rendah dari yang harus semestinya Kamu terima, konsekuensi yang didapat besar. Karena jika nantinya ada kenaikan gaji, presentasenya hanya kecil. Begitu juga dengan dana pensiun. Sebab keduanya itu dihitung berdasarkan presentasi dari jumlah gaji awal yang Kamu terima. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu pelajari terlebih dahulu bagaimana mempersiapkan negosiasi yang baik saat berhadapan dengan atasan nantinya.

Kesalahan umum selanjutnya yang banyak dilakukan oleh para pencari kerja adalah memberitahu perusahaan berapa besar gaji yang Kamu harapkan. Memang cukup sulit untuk tidak memberitahunya. Terlebih saat wawancara kerja perusahaan meminta Kamu untuk menyebutkan berapa gaji yang Kamu terima di perusahaan sebelumnya. Hampir di semua perusahaan menanyakan hal ini saat wawancara kerja.

Dan beberapa perusahaan juga menanyakan hal ini untuk mengetahui berapa gaji awal yang Kamu inginkan. Untuk menghadapi ini, cobalah untuk bersikap datar. Dan berikanlah jawaban saat waktunya tepat. Dengan begitu Kamu berada di posisi yang menguntungkan.

Kebanyakan para pelamar berfokus pada besaran angka. Padahal itu salah. Pikirkan seberapa besar keberadaanmu di perusahaan. Sehingga perusahaan bisa menentukan sendiri berapa yang pantas.

gaji, negosiasi gaji, tips kerja, gaya hidup

BACA JUGA:

Trik Cerdas Dihari Pertama Masuk Kerja

Langkah Bekerja Efektif Tanpa Diganggu Stress

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>