Don't miss

Cara Untuk Menghadapi Rekan Kerja Yang Sok Tahu

By on February 23, 2014

Cara Untuk Menghadapi Rekan Kerja Yang Sok Tahu

Mempunyai rekan kerja yang berwawasan luas memang asik. Kamu bisa ngobrolin tentang apa saja sekaligus bisa bertanya hal-hal yang kamu tidak tahu. Tetapi bagaimana kalo bicara dengan rekan kerja yang sok tahu?

Biasanya kamu akan merasa gerah dan tidak betah mendengarkan obrolan rekan kerja yang satu ini. Tapi meskipun kamu tahu bahwa obrolanya sering kali salah, kamu perlu mengetahui bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang suka disalahkan meskipun orang tersebut sadar bahwa dirinya sendiri telah salah.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin meralat dan membenarkan ucapannya maka kamu harus bisa berkompromi dengan situasi dan kondisi saat kamu ngobrol. Jika masalahnya sepele maka kamu  tidak perlu ngotot untuk memberitahunya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meralat ucapannya ketika dia mengucapkan hal yang salah.

Tunggu Sampai Selesai Bicara

Jika dia mengucapkan informasi yang salah maka jangan langsung menyalahkannya. Tariklah nafasmu sejenak dan biarkan dia menyelesaikan biacaranya. Setelah berhenti baru kamu bisa menyelanya dan mengutarakan pendapatmu dengan bahasa yang sopan tentunya.

Batasi Ucapanmu

Ada kalanya orang seperti ini sulit untuk diberitahu dan kerap kali melakukan kesalahan yang sama. Mengucapkan kalimat-kalimat atau informasi yang salah tetapi ketika diberitahu terkadang dia enggan untuk menerima atau malah mangajak berdebat. Nah, Jika kamu sudah memberitahunya lebih dari dua kali maka sebaiknya tidak perlu lagi memberitahu kesalahannya. Biarkan saja dia karena toh orang seperti ini sulit untuk dinasehati.

Bersikap Rileks

Bersikaplah rileks dan tetap tenang setiap kali rekan kerjamu mengajak ngobrol. Tidak perlu menampakkan wajah yang tidak suka serta antipati. Jika kamu selalu tampil sebagai juru benar di hadapan orang tersebut maka obrolanpun menjadi tegang dan sama sekali tidak menyenangkan sehingga akhirnya memicu perdebatan diantara kalian berdua.

Menghindar Ketika Diperlukan

Jika memang kamu sudah tidak tahan dengan obrolannya yang selalu konyol dan banyak kebodohan dalam perkataannya. Maka kamu tidak perlu sewot. Sudahi saja obrolan kalian dengan mengambil sikap yang paling natural dan segera pergi dari hadapannya. Kamu bisa menghindar dengan mengatakan bahwa kamu sedang ada kerjaan, atau ingin ke kamar kecil, atau mengatakan hal-hal lain untuk bisa menghindarinya.

Pada intinya, kepandaian kamu untuk menghadapi setiap orang dengan karakter yang berbeda adalah modal bagi kamu untuk merentangkan networkingmu dan memperluas pergaulan untuk menambah teman. Kondisi seperti itu jelas akan sangat menguntungkan di dunia kerja karena untuk mencapai sukses dalam karir juga dibutuhkan keluwesan dalam bergaul dan mencari jaringan seluas mungkin, termasuk di dalamnya adalah  mampu menghadapi rekan kerja yang paling sok tahu.

Memang tidak mudah, tetapi dengan mengetahui cara menghadapi orang-orang yang tidak menyenangkan tentu membuat kamu lebih mudah dalam meniti karirmu.

 Waspadai Rekan Kerja Yang Berpotensi Menjadi Musuh

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>